Siap-Siap! Rasionalisasi PNS Incar Daerah Belanja Pegawai Diatas 50 Persen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Siap-Siap! Rasionalisasi PNS Incar Daerah Belanja Pegawai Diatas 50 Persen

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah pusat memang telah berupaya menekan biaya belanja pegawai menjadi 33,8 persen. Jumlah sebanyak itu nantinya akan terus diturunkan. Namun apa yang terjadi pusat tidak sebanding dengan apa yang dilakukan pemerintah daerah (pemda).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi menyebutkan, masih ada 134 daerah yang belanja pegawainya di APBD mencapai di atas 50 persen. Tidak sedikit pula di atas 70 persen. “Ini yang harus kita tekan untuk meningkatkan pembangunan daerah,” ungkapnya, Rabu (9/3).

Dia menyebutkan, daerah yang seperti demikian akan menjadi sasaran paling utama dalam pelaksanaan program rasionalisasi PNS. Tentu saja di sana akan banyak PNS yang belum masuk usia pensiun akan dirumahkan.

Akan tetapi proses untuk pensiun dini ini diawali dengan audit organisasi, disusul dengan pemetaan SDM, dan penilaian kinerja. Hasil penilaian akan dirangking, PNS dengan kinerja terburuk akan dirumahkan.

“Rasionalisasi akan kami lakukan mulai 2017. Pengurangan ini dalam upaya menurunkan belanja pegawai yang saat ini masih 33,8 persen,” sebut Yuddy Chrisnandi.

Dia menjelaskan, pegawai di APBN sudah turun dan harus diturunkan lagi. Cara menurunkannya dengan cara mengurangi pegawai yang dinilai tidak punya kualifikasi, kinerja buruk serta tidak kompeten. (sam/esy/iil/JPG)

loading...
Click to comment
To Top