Dalam 18 Bulan, 1000 Warga Sipil Tewas di Irak dan Suriah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Dalam 18 Bulan, 1000 Warga Sipil Tewas di Irak dan Suriah

FAJAR.CO.ID, SURIAH – Lebih dari 1.000 warga sipil telah tewas dalam serangan udara yang dipimpin oleh Amerika Serikat di Irak dan Suriah selama kurun waktu 18 bulan terakhir.  Begitu keterangan yang dirilis oleh kelompok monitoring serangan udara Airways pada Rabu (9/3).

Serangan udara pimpinan Amerika Serikat sendiri dilakukan di wilayah konflik dengan manargetkan kelompok militan ISIS.

Angka korban sipil yang dirilis Airways itu cukup mencengangkan karena 50 kali lipat lebih banyak dari jumlah kematian yang diakui oleh koalisi.

“Saya merasa menjadi saksi tak berdaya atas 1.000 korban tak berdosa yang dibunuh oleh serangan udara koalisi di Irak dan Suriah selama 18 bulan terakhir,” kata analis Airways Latif Habib seperti dimuat Press TV.

Dalam analisis yang sama ditemukan bahwa setidaknya ada 352 kejadian terkait koalisi yang mengarah ke korban sipil. Berdasarkan laporan publik yang kredibel ada setidaknya 1004 orang warga sipil yang tewas di antara 1.419 orang yang tewas dalam serangan udara pimpinan Amerika Serikat tersebut.

Amerika Serikat sendiri telah melancarkan serangan udara demi menekan ISIS sejak September 2014 lalu tanpa ada persetujuan baik dari Suriah maupun PBB. (mel.rmol)

loading...
Click to comment
To Top