Dari Wisata Gerhana, Kemenpar Target Pendapatan Devisa Segini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Dari Wisata Gerhana, Kemenpar Target Pendapatan Devisa Segini

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Gerhana matahari totap usai berlangsung. Namun kemeriahana masih terasa di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia lewat acara gerhana matahari total ini pun diperkirakan melampaui target.

Kementerian Pariwisata menargetkan 10 ribu wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia lewat gerhana matahari total.

Namun  Kemenpar melihat target tersebut sudah dilampaui Sulawesi Tengah.‎

Provinsi berpenduduk sekitar 2,7 juta jiwa ini tampaknya memang lebih beruntung dibanding 11 provinsi lainnya yang akan dilintasi gerhana matahari total.

Banyaknya wisman ke Sulteng karena di wilayah ini memiliki titik pantau terbanyak yang tersebar pada lima kabupaten, yakni Sigi, Parigi Moutong, Poso, Tojo Unauna dan Banggai, serta Kota Palu.

Mengenai jumlah wisman terbanyak, Sigi menjadi jawaranya.

Tingkat hunian hotel dan penginapan di daerah yang dilintasi gerhana matahari total pun melonjak.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulteng, Siti Norma Marjanu mengatakan seluruh hotel di Sulsel dipenuhi pengunjung yang akan menyaksikan gerhana.

“Mereka sudah pesan hotel jauh hari, bahkan ada yang sejak tahun 2013 silam, dan langsung membayar tunai,” kata Norma Marjanu seperti dikutip BBC, Rabu (9/3/2016).

Alhasil Indonesia bisa mengeruk banyak jumlah devisa masuk dari gerhana matahari total ini.

“Target devisa‎ yang bisa masuk sekitar Rp 150 miliar, dan saya pikir ini akan terlampaui,” kata Arief dalam keterangannya.

Click to comment
To Top