Tiongkok Nilai Dalai Lama Sosok Separatis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Tiongkok Nilai Dalai Lama Sosok Separatis

FAJAR.CO.ID, BEIJING – Tiongkok dikabarkan mendesak diplomat serta pejabat PBB untuk tidak hadir dalam acara yang digelar di Jenewa esok hari (Jumat, 11/3) di mana Dalai Lama akan hadir sebagai pembicara.

Hal itu terungkap dalam sebuah surat yang kabarnya bocor hingga ke tangan media Reuters, Kamis (10/3). Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa misi diplomatik Tiongkok di Jenewa keberatan dengan hadirnya pemimpin spiritual Tibet tersebut di Jenewa.

Tiongkok sendiri menilai Dalai Lama sebagai sosok separatis. Hal itu lah yang membuat Dalai Lama terpaksa untuk tingga di pengasingan

“Mengundang Dalai Lama ke-14 ke acara tersebut melanggar kedaulatan dan integritas teritorial Cina, yang bertentangan dengan tujuan dan prinsip Piagam PBB. China dengan tegas menentang kegiatan separatis Dalai Lama ke-14 dalam kapasitas apa pun dan dengan nama apa pun di negara, organisasi atau acara apapun,” begitu isi surat tersebut.

Surat itu sendiri tertanggal 8 Maret 2016.  “Misi Tetap China secara ramah meminta Misi Tetap semua negara anggota, instansi PBB dan Organisasi Internasional yang relevan untuk tidak menghadiri acara tersebut, atau bertemu dengan Dalai Lama ke-14,” sambung isi surat itu. (mel/rmol)

loading...
Click to comment
To Top