Dongkrak Kecerdasan Otak Dengan Makanan Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Dongkrak Kecerdasan Otak Dengan Makanan Ini

 

Otak memiliki tugas yang komplek dengan mengatur ribuan fungsi tubuh. Untuk itu, diperlukan asupan nutrisi yang tepat guna meningkatkan kekuatan otak. Berikut, 8 makanan penting untuk meningkatkan kekuatan fungsi otak. Ingin kecerdasan otak anda bertambah? Maka penuhilah asupan gizi dengan memilih makanan-makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Apabila anda bingung makanan apa saja yang sebaiknya anda dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan adalah berikut ini ada beberapa makanan yang dijuluki sebagai “Brain Food”. Berikut ini adalah 10 makanan yang baik untuk otak :

  1. Salmon

Ikan berlemak ioni adalah sumber terbaik dari asam lemak omega-3 (DHA dan EPA). Asupan asam lemak omega-3 lebih banya diketahui berpikiran lebih tajam dan memperoleh hasil memuaskan pada uji kemampuan. Menurut para ahli, kendati tuna juga mengandung asam lemak omega-3, namun kandungannya tidak sebanyak ikan salmon.

 

  1. Telur

Dikenal sebagai sumber penting protein yang mudah didapat dan harganya pun cukup terjangkau. Walaupun mengandung kolesterolbagian kuning telur ternyata kaya akan kolin, yakni suatu zat yang bisa membantu perkembangan daya ingat atau memori.

 

  1. Selai kacang

Kacang tanag dan selai kacang diketahui kaya akan vitamin E, antioksidan yang berperan dalam melindungi membrane-membran sel saraf. Bersama tiamin, vitamin E akan membantu sel saraf dan otak untuk  penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energi.

  1. Gandum Murni

Otak membutuhkan persediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya stabil. Gandum murni mempunyai peran untuk menduku kebutuhan itu. Serat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Makanan ini juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf.

  1. Oat

Oat adalah sereal yang biasa dikonsumsi untuk sarapan. Oatmeal merupakan sumber nutrisi penting bagi otak. Oat mampu meenyediakan energy untuk otak yang sangat diperlukan untuk mengawali kegiatan di pagi hari. Selain itu, serat pada oat juga memiliki peran untuk menjaga otak tetap tepenuhi kebutuhannya sepanjang hari.

  1. Buah Berry

Jenis-jenis berry seperti stroberi, blackberry, raspberry, blueberry dan lainnya banyak mengandung nutrisi penting yang baik bagi kesehatan. Antioksidan yang tinggi pada buah berry terutama vitamin C, memiliki peran untuk mencegah kanker.

  1. Kacang-kacangan

Termasuk makanan yang special karena menawarkan segudang energy yang berasal dai karbohidrat kompleks dan protein. Selain itu, kacang juga merupakan sumber serat, mineral dan vitamin. Kacang-kacangan yang mengandung asam lemak dan omega-3 lebih banyak dari jenis kacang yang lainnya adalah kacang Pinto dan kacang merah.

  1. sayuran berwarna

Wortel, bayam, labu, ubi jalar, dan tomat merupakan sayuran-sayuran kaya nutrisi dan antioksidan yang akan membuat sel-sel otak jadi lebih kuat dan sehat.

  1. Daging sapi tanpa lemak

Sumber makanan ini sangat kaya akan zat besi. Zat besi adalah mineral wesensial yang dapat membantu konsentrasi dan menjaga energi saat beraktivitas.

  1. susu dan yogurt

Mengandung vitamin B dan protein yang tinggi, kedua jenis nutrisi ini penting untuk pertumbuhan jaringan otak, enzim dan neurotransmitter.[ats]

loading...
Click to comment
To Top