Markus Nari: Rasionalisasi PNS Menambah Pengangguran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Markus Nari: Rasionalisasi PNS Menambah Pengangguran

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Wacana untuk merasionalisasikan 1,37 juta PNS yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Re‎formasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mulai pada tahun 2017 mendatang, sangat dikecam oleh Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Golkar asal Sulsel, Markus Nari.
Kepada Fajar Media Center, Minggu 13 Maret 2016, Bendahara Umum SOKSI ini mengatakan, kalau merasionalisasi PNS yang sebegitu banyaknya tentunya akan menambah masalah baru bagi negara. Antara lain jumlah pengangguran yang bertambah dan munculnya gejolak diberbagai daerah yang membuat stabilitas nasional terganggu.
“MenPAN harus mencarikan solusi. Kalau tidak, ini akan jadi preseden buruk bagi pemerintahan Jokowi-JK loh,” ucapnya.
Pemerintahan sekarang, lanjutnya haruslah berpikir untuk bagaimana mengurangi pengangguran yang terus bertambah.
Sebagai informasi saat ini angka pengangguran (tidak memiliki pekerjaan,red)  menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Februari 2014 sampai Februari 2015, jumlah pengangguran di Indonesia meningkat 300 ribu orang, sehingga total mencapai 7,45 juta orang.
“Pengangguran bertambah 300 ribu tiap tahun. Terus mau dirumahkan 1,37 juta PNS, yah pastilah membludak lagi angka itu,” ujarnya.
Berbanding terbalik dengan penerimaan PNS yang justru dibatasi, tambahnya. “Jadi kalau saya jangan se drastis ini loh 1,37 juta orang,” sebutnya. (idr/fmc)
loading...
Click to comment
To Top