Pemerintah Malaysia Deportasi 124 WNI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Pemerintah Malaysia Deportasi 124 WNI

FAJAR.CO.ID, NUNUKAN – Pemerintah Malaysia kembali mendeportasi Warga Negara Indonesia (WNI). Sebanyak 124 orang yang berasal dari Pusat Tahan Sementara (PTS) Tawau dan Sandakan, Sabah Malaysia melalui pelabuhan Tunon Taka, Kamis (10/3).

Buruh Migran Indonesia (BMI), yang dipulangkan Imigrasi Malaysia, sebayak 78 orang terdiri dari laki- laki 47 orang, perempuan 25 orang dan anak-anak enam orang, Kamis (10/3) lalu. Sehari kemudian, Malaysia kembali mendeportasi WNI yang dianggap melanggar peraturan di Malaysian sebanyak 46 orang. Terdiri 35 orang laki- laki, delapan orang perempuan dan tiga anak- anak, Jumat (11/3).

Kepala Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Nunukan, Nasution , bahwa deportasi tiap minggu tetap dilakukan pemerintah Malaysia. Dikarenakan masih banyak BMI yang ditahan disejumlah Pusat Tahanan Sementara (PTS).

“Tiap minggu pasti dipulangkan. Dikarenakan, banyak yang kesana melalui jalur illegal,” jelasnya kepada Radar Nunukan, kemarin.

Dirincikan, dari 124 orang yang dipulangkan sebanyak 117 orang tidak memiliki dokumen resmi. Kemudian, kasus narkoba sebanyak lima orang dan dua orang melakukan pelanggaran kriminal.

“Umumnya masih dengan pelangaran imigrasi atau izin tinggal di Malaysia,” tambahnya.

Salah satu deportan yang berhasil ditemui media ini mengatakan, ia telah tinggal di Malaysia selama 19 tahun. Ketika ditanya keinginan kembali ke Malaysia untuk bekerja. Dijelaskannya, saat ini kedua orang tuanya berada di Malaysia.

“Aku lahir di sana (Tawau, Red.), keluarga juga masih di sana, jadi pasti mau ke sanalah,” ujar Anti dengan dialek melayu.

Setelah, para deportan dikumpulkan dan didata, sejumlah deportan digirng menuju tempat penampungan di Rumah Susun Sederhana (Rusunawa) yang berada di Jalan Ujang Dewa.

Dengan pengawalan ketat dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Nunukan, BMI bakal ditampung selama lima hari untuk menerima pelatihan dan bimbingan dari Kepala Kantor Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Nunukan. (*/akz/eza/indopos)

Click to comment
To Top