Pernyataan Risma Soal Nafsu Jabatan Dinilai Wajar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Pernyataan Risma Soal Nafsu Jabatan Dinilai Wajar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pernyataan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bahwa calon kepala daerah yang maju dari jalur independen mempunyai nafsu mencari jabatan dinilai wajar dan biasa saja.

Sebelumnya, Risma mengungkapkan alasan kenapa dirinya maju melalui partai politik karena kalau melaui jalur perseorangan dirinya dianggap bernafsu mencari jabatan. Hal ini diungkapkannya mengomentari polemik majunya kembali Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) lewat jalur independen di Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang.

“Kita harus lihat dulu konteks Risma ngomong seperti itu apa. Tapi yang pasti Mahkamah Konstitusi sudah mengesahkan jalur independen sah dan sesuai dengan undang-undang,” ujar Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi ( Perludem) Titi Anggraini kepada wartawan, Minggu (13/3).

Bahkan menurut dia, MK mempermudah calon kepala daerah yang ingin maju sebagai calon independen. Bila sebelumnya harus mengumpulkan dukungan minimal 7,5 persen dari jumlah penduduk di suatu daerah, kini calon independen hanya dibebani 7,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT).

“Calon independen sebagai fenomena biasa dan tidak ada upaya untuk melakukan deparpolisasi. Kalau memang kader partai ya sebaiknya dari partai. Tapi kalau dukungan masyarakat banyak ya lebih baik jalur independen,” kata Titi.

Lagi pula, tambah Titi, selama ini belum ada hasil kajian yang komprehensif mengenai kualitas kepala daerah yang maju dari independen lebih bersih dari pada yang maju lewat parpol atau sebaliknya.

“Harus dikaji dulu secara mendalam. Tapi yang penting lewat jalur apapun, calon kepala daerah harus bersih dari korupsi dan peduli kepada rakyat,” tukasnya. (wah/rmol)

loading...
Click to comment
To Top