Begini Kronologi Kebakaran RS TNI AL dan Tewasnya 4 Korban – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Begini Kronologi Kebakaran RS TNI AL dan Tewasnya 4 Korban

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksmana Pertama TNI M Zainuddin membenarkan ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran di Rumah Sakit TNI AL Mintoharjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Senin (14/3).

Ihwal kejadian, kata Zainudin, berawal dari kebakaran ruang tabung chamber Pulau Miangas Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) lama RSAL Mintohardjo. Kebakaran itu diakibatkan korsleting listrik, sehingga menimbulkan asap putih tebal.

“Pasien yang ada di dalam ruang tabung chamber ikut terbakar dan tidak dapat diselamatkan,” kata Zainudin dalam keterangan yang diterima wartawan, Senin (14/3).

Ia menjelaskan, terapi dimulai pukul 11.30 dengan tekanan 2,4 atmosfer. Kemudian sekitar pukul 13.00, ketika tekanan baru mulai dikurangi menuju 1 atmosfer.

Nah, pada pukul 13.10 terlihat percikan api di dalam chamber.

Operator dengan cepat membuka system fire tapi api dalam chamber secara cepat langsung membesar.

Tekanan dalam chamber naik dengan cepat sehingga safety valve terbuka dan menimbulkan ledakan.
“Beberapa saat kemudian api mulai padam namun korban tidak dapat diselamatkan,” jelasnya.

Pada pukul 14.00, korban dapat dievakuasi dan segera dibawa ke kamar jenazah RSAL Mintohardjo.

Untuk petugas dan penunggu yang ada di Kamar Udara Bertekanan Tinggi (KUBT) langsung dievakuasi ke UGD RSAL Mintohardjo guna mendapat perawatan intensif akibat asap.

Dia menambahkan, akibat peristiwa ini empat korban meninggal dunia. Yakni, Irjen (Purn) Abubakar Nataprawira, 65, yang merupakan mantan Kadiv Humas Polri; Edi Suwandi, 67; dokter Dimas, 28, dan anggota DPD sekaligus Ketua PGRI Sulistyo, 54.

Dari pihak Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri besama Polisi Militer AL melakukan olah tempat kejadian perkara. “Saat  ini belum bisa diambil kesimpulan penyebab terjadinya kebakaran,” katanya. (boy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top