Berikut Manfaat Puntung Rokok untuk Mengusir Parasit Pada Burung Kicau – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hiburan

Berikut Manfaat Puntung Rokok untuk Mengusir Parasit Pada Burung Kicau

FAJAR.CO.ID, Salah satu foto unik yang menjadi bahan tertawaan di media sosial adalah foto yang memperlihatkan burung jenis Murai dengan sebatang rokok di mulutnya, Foto tersebut diunggah oleh salah satu akun Twiter yang bernama Will, Foto yang menjadi viral ini diduga diambil di kawasan Mancester City.

Burung Merokok tersebut langsung mendapatkan retweet sampai 2.800 orang. Bukan hanya itu saja, banyak netizen yang tertawa atas kelakuan kocak burung tersebut.

Padahal jika dipelajari lebih jauh, seperti itulah karakteristik burung yang tinggal di perkotaan, atau dikenal dengan sebutan burung Kota. Dalam pembuatan sarang, burung Kota selalu menggunakan puntung rokok sebagai pencegahan dari serangan Hama yang menyerang telur dan anaknya.

Seperti dilanisr dari Nature.com, kandungan kimiawi yang terdapat dalam daun tembakau, diketahui dapat menangkis artopoda, seperti parasit. Hal ini membuat para ahli dari Autonomous University, di Mexiko, bertanya-tanya apakah burung-burung tersebut mengetahuinya atau tidak.

Monserrat Suarez-Rodriguez dan kawan-kawannya dari Universitas Universitas Auotonomos, akhirnya melakukan penilitian yang cukup intens terhadap kejadian ini. Sebagaimana hasil studi yang dipublikasikan dalam Biologi Letter, mereka menguji salah satu komponet yang terdapat dalam puntung rokok di sarang. Hasilnya, mereka hanya melihat beberapa parasit.

Bagi kicau mania, anda juga bisa membuat sarang burung anda dengan puntun rokok, dicampur dengan sedikit rerumputan yang kering, hal ini agar burung anda dapat bertelur dengan nyaman, tanpa harus diserang oleh parasit dan hama lainnya. (**)

loading...
Click to comment
To Top