INGAT: Ini Peringatan Wali Kota Makassar ke RSUD yang Abaikan Pasien Miskin – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

INGAT: Ini Peringatan Wali Kota Makassar ke RSUD yang Abaikan Pasien Miskin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Walikota Makassar Danny Pomanto mengingatkan jajaran RSUD Daya Makassar untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi pasien utamanya warga tidak mampu. Danny Pomanto sendiri mengaku sudah menerima keluhan warga terhadap pelayanan di rumah sakit itu.

Bahkan, ada warga miskin yang terpaksa membayar biaya medis melalui jalur umum. Untuk itu, Danny Pomanto tidak segan-segan akan melakukan tindakan tegas siapa pun petugas media maupun pegawai RSUD Daya yang melakukan hal yang dialami pasien miskin.

 “Jangan ada lagi warga kita yang mengalami pelayanan di rumah sakit. Pemerintah Kota sudah menjamin bagi wara miskin melalui BPJS kesehatan gratis yang dianggarkan melalui APBD Makassar,” kata Danny Pomanto kepada pojoksulsel.com.

Danny Pomanto juga meminta Dinas Kesehatan Kota Makassar untuk lebih aktif dalam pelayanan Home Care Dottoro ta’. Dimana program itu memang diperuntukan bagi warga yang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan.

Anggota DPRD Kota Makassar Mario David mengatakan bahwa persoalan kesehatan bagi warga miskin sudah mendapatkan bantuan dari program Pemkot yang dianggarkan sebesar Rp45 miliar tahun 2016.

“Jadi, tidak ada alasan pihak RS Daya menolak pasien yang miskin. Karena mereka punya hak dalam kesehatan yang ditanggung pemerintah setempat,” jelas Mario David, legislator Partai NasDem itu.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Daya Makassar Muhammad Rusli mengaku perihal alokasi dana kesehatan gratis tersebut. Pihaknya selama ini hanya melakukan klaim ketika ada pasien yang tidak mampu sesuai aturan maka tentunya disubsidi oleh Pemerintah Kota Makassar.

“Intinya kami melayani setiap warga atau pasien yang darurat membutuhkan pelayanan medis,” ujar Rusli. (asrul/pojoksulsel/fajar)

loading...
Click to comment
To Top