Israel Tunjukan Kebiadapannya. Menlu Retno Diusir dari Palestina – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Israel Tunjukan Kebiadapannya. Menlu Retno Diusir dari Palestina

FAJAR.CO.ID, RAMALLAH – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dihadang Israel saat hendak bertolak ke Tepi Barat, Palestina. Akibatnya, rencana Menlu Retno untuk berkunjung ke Tepi Barat pun gagal.

Menlu Retno dijadwalkan meninggalkan ibukota Yordania, Amman, Senin (14/3/2016) ini, menuju Tepi Barat, Palestina dengan  mengendarai helikopter. Namun, otoritas Israel tak memberi izin kedatangan Retno ke daerah yang dikontrol Israel tersebut.

Penasihat Diplomatik Presiden Palestina, Majid Khalidi mengatakan, Israel menyatakan Menlu Retno tak diizinkan masuk ke Tepi Barat beberapa jam sebelum jadwal ketibaannya.

Sedianya, Menlu Retno akan meresmikan Konsulat Kehormatan RI di Ramallah, Tepi Barat, Palestina. Menlu Retno juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Menlu Palestina Riyad Al-Maliki, Al-Maliki.

“Itu sangat memalukan. Israel seharusnya dapat mengabarkan soal itu beberapa hari sebelumnya,” ujar Khalidi, seperti dikutif dari ABC News.

Akibatan pencegatan tersebut, Menlu Palestina Riyad Al-Maliki terpaksa melakukan perjalanan ke Amman untuk bertemu Retno.

Beberapa media Arab menyebut Menlu Retno dihadang Israel ke Tepi Barat, Palestina karena Retno menolak berkunjung ke Yerusalem untuk bertemu dengan para pejabat Israel.

Times of Israel melaporkan, Menlu Retno dihadang dan dicegat Israel karena dia tak berkunjung ke Yerusalem. Pencegatan dilatarbelakangi tak adanya jadwal kunjungan Retno ke Yerusalem.

“Dalam pernyataan Kementerian Palestina, Israel mencegat Marsudi karena ia tak memperpanjang kunjungannya untuk bertemu pejabat Israel,” demikian dilaporkan Times of Israel.

Padahal, sebelumnya Israel selama ini memperbolehkan sejumlah diplomat asing bertemu pejabat Palestina, tanpa harus bertemu pejabat Israel.

(SBC News/one/pojoksatu)

loading...
Click to comment
To Top