Bosch Tampil dengan Design Baru – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Teknologi

Bosch Tampil dengan Design Baru

FAJAR.CO.ID, STUTTGART – Penuh semangat, beragam, dinamis melalui identitas brand yang baru, Bosch menekankan bahwa perusahaan telah mengalami transformasi digital dan kini menjadi penyedia solusi untuk hidup yang saling terhubung.

“Dengan solusi yang saling terhubung, kami ingin membantu meningkatkan kualitas kehidupan dan melestarikan sumber daya. Identitas brand kami yang baru mencerminkan nilai tersebut. Desainnya merefleksikan keberagaman dan individualitas kehidupan serta produk-produk kami,” ujar Dr. Volkmar Denner, Ketua Dewan Manajemen Robert Bosch GmbH

Dijelaskan, latar belakang dari identitas brand yang baru. Desain perusahaan yang anyar lebih menonjolkan aspek emosional brand melalui pilihan warna lebih banyak serta menggunakan bahasa gambar dan bentuk yang baru. Tidak ada perubahan pada bentuk huruf Bosch warna merah, tulisan “Invented for life,” ataupun tampilan logo dalam lingkaran.

“Perusahaan kami telah mengalami banyak perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Desain perusahaan yang baru merupakan bentuk ekspresi berlangsungnya transformasi digital dalam perusahaan kami,” tambah Denner.

Melalui transformasi digital tersebut, lahirlah solusi smart home untuk memberikan kenyamanan lebih di dalam rumah tinggal, juga memunculkan inovasi yang memungkinkan mobil bisa mengatasi masalah sendiri seandainya mengalami kecelakaan.

Desain perusahaan yang baru diciptakan ini untuk memenuhi persyaratan khusus dalam penggunaan di media digital. Meski demikian, desain tersebut juga dapat diimplementasikan untuk keperluan media cetak, kemasan produk, dan desain interior. Sistem desain yang sederhana hanya memiliki sedikit aturan sehingga memberi ruang bagi pengguna untuk berkreasi secara bebas ketika mengaplikasikan desain perusahaan tersebut.

Tampilan visual yang baru menunjukkan keunggulan slogan “Invented for life” dalam warna-warna yang hangat. Fokusnya adalah para pengguna teknologi. “Setiap kali seseorang bersentuhan dengan brand ini, kami ingin membuat klaim ‘Invented for life’ terasa lebih nyata. Kami menjabarkannya melalui gambar dan elemen grafis,” ujar Peter Feldmann, Head of Brand Management and Marketing Communication di Bosch.

Salah satu elemen grafis dalam desain baru perusahaan dikenal dengan istilah supergraphic. Garis yang lurus, saling tumpang tindih dan melengkung, melambangkan janji yang ditawarkan brand Bosch: kualitas, kemitraan global, produk yang sangat memikat, dan tanggung jawab. Sementara, elemen supergraphic-nya menampilkan rangkaian warna nan kaya, namun tetap mengacu pada aneka warna yang khas digunakan grup Bosch hingga saat ini – yaitu merah, biru, biru muda, dan hijau.

Variasi tersebut diperluas dengan memasukkan campuran nuansa dari warna-warna utama, misalnya fuchsia. Elemen desain berikutnya berupa kotak teks berwarna yang saling menimpa. Bidang potongnya melambangkan hubungan antara manusia dengan teknologi. Menyimpulkan desain baru ini, Gregor Schilling, Head of Corporate Design di Bosch mengatakan, “Gabungan gambar latar full-screen, elemen supergraphic, dan kotak teks yang saling menimpa, menghasilkan desain yang hidup dan tak ada duanya.”

Bosch akan memperkenalkan desain perusahaan yang baru secara bertahap selama dua tahun ke depan. (rls/hrm)

Click to comment
To Top