Kadis ESDM Menyesal Kenal Dewi Yasin Limpo – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Kadis ESDM Menyesal Kenal Dewi Yasin Limpo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Terdakwa suap anggaran proyek pembangkit listrik di Kabupaten Deiyai, Papua, Irenius Adii, menyesal mengenal anggota Komisi VII DPR Dewie Yasin Limpo.

Gara-gara mengenal Dewie, kepala dinas ESDM Deiyai itu harus meringkuk di tahanan.

Irenius pun menyesal memberi Dewie Limpo duit. Bahkan, Irenius mengklaim terjerat tipu daya politikus Partai Hanura, itu yang mengimingi akan meloloskan anggaran proyek pembangkit listrik.

“Saya sangat kecewa mengikuti saudari Dewie Yasin Limpo untuk dana fee peraturan tersebut,” kata Irenius saat sidang beragenda pledoi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (17/3).

Ia menjelaskan, awalnya berniat menerangi wilayahnya karena sudah berpuluh tahun Indonesia merdeka, Deiyai belum dialiri listrik. Setiap malam, penduduk harus menggunakan lilin. Bahkan, ada yang harus menggunakan genset.

Namun, ia mengaku “salah masuk pintu” karena berurusan dengan Dewie Limpo. Ia kecewa dengan perbuatan Dewie Limpo yang meminta fee untuk mengawal anggaran.

Karenanya, Irenius menyesali perbuatan dan berjanji tak akan mengulangi lagi di kemudian hari. “Saya juga berjanji serta di hadapan Tuhan untuk saya tidak akan mengulangi perbuatan ini,” kata Irenius menitikkan air mata.

Irenius dituntut Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi penjara tiga tahun, denda Rp 100 juta subsider enam bulan kurungan. Irenius bersama-sama pemilik PT Abdi Bumi Cenderawasih, Setiady Jusuf menyuap Dewie Limpo SGD 177.700 atau Rp 1,7 miliar. Suap diberikan untuk mengawal anggaran proyek pembangkit listrik. (boy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top