Sehat dan Awet Muda Dengan Talas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Sehat dan Awet Muda Dengan Talas

Talas adalah akar sayur yang bisa dimakan dalam berbagai budaya di seluruh dunia dan memiliki sejarah yang kaya, dengan berbagai resep masakan yang menggunakannya. Daun dari tanaman talas juga digunakan sebagai sayuran. Manfaat umbi  talas selain mudah dicerna dan daunnya merupakan sumber yang baik dari vitamin A dan C. Di Indonesia sendiri, umbi talas banyak ditemui di daerah sekitaran puncak, bogor Jawa Barat di daerah tanah gembur yang beriklim sejuk.

Talas yang dari penampilannya tampak tidak menarik ternyata memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Mau tau apa saja manfaat umbian khas Bogor ini. Berikut adalah manfaat utama talas bagi kesehatan.

  1.  Sumber Energi

Umbi talas memberikan kalori lebih dari kentang, sekitar 100 gramnya menyediakan 112 kalori. Kalori ubi talas terutama berasal dari karbohidrat kompleks yang dikenal sebagai amilosa dan amilopektin. Namun, akar sangat rendah lemak dan protein dibandingkan dalam sereal dan kacang-kacangan. Tingkat protein mereka bisa sebanding dengan sumber makanan lainnya sehingga dapat menjadi sumber energi atau makanan pokok pengganti nasi.

  1. Baik Untuk Pencernaan

Salah satu sumber serat terbaik pada makanan, sekitar 100 gram umbi talas memberikan 4,1 gram atau 11 % dari kebutuhan serat makanan setiap hari. Bersamaan dengan serat, karbohidrat kompleks akan lambat di cerna dan serat di dalamnya juga membantu kenaikan bertahap pada gula darah.

  1. Sehat Untuk Jantung

Memberikan mineral penting bagi tubuh seperti zinc,magnesium, tembaga, besi dan mangan. Selain memiliki sejumlah potassium yang baik juga kalium, yang merupakan komponen penting dari sel, cairan tubuh yang membantu mengatur detak jantung.

  1. Membantu tekanan darah

Kalium yang terdapat didalam talas sangat baik untuk membantu menstabilkan dan menurunkan tekanan darah. Terutama bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi.

  1. Meningkatkan system imun tubuh

Banyak vitamin c dan aktioksidan yang  terkandung di dalam umbi talas. Tentunya sangat bermanfaat untuk menjaga system imun pada tubuh. Dengan membuang radikan bebas, maka tubuh akan terjaga dari berbagai macam penyakit.

  1. Mengatasi kelelahan

Talas memiliki indeks glikemik yang rendah, kandungan zat ini sangat baik digunakan untuk mengatasi kelelahan. Mendapatkan energy tambahan tanpa menambah kadar gula di dalam tubuh yang dapat memberikan efek buruk pada tubuh.

  1. Anti-aging

Memiliki manfaar untuk membuang radikal bebas dan meregenerasi sel membuat talas ternyata membuat awet muda atau anti-aging. Talas dapat menjaga kondisi sel di dalam tubuh termasuk kulit.

Namun,dibalik segala manfaatnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi talas. Karena bisa menyebabkan gejala penyakit batu ginjal dan penyakit asam urat serta komplikasi kesehatan lainnya jika tidak dipersiapkan dengan baik, misalnya waktu merebus umbi talas yang sebentar. Hal tersebut bisa di antisipasi dengan merendamnya semalaman sebelum di masak, yang bertujuan untuk mengurangi jumlah oksalat.[ats]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top