Bareskrim Bekuk Komplotan Perdagangan Orang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Bareskrim Bekuk Komplotan Perdagangan Orang

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bareskrim Mabes Polri mengungkap tindak pidana perdagangan orang. Korbannya ialah 600 WNI yang dijanjikan bekerja di Turki. Namun, koerban tidak menapat yang dijanjikan.

Kasubdit III, Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Kombes Umar Surya Fana mengatakan Perekrutan terhadap 600 korban ini dilakukan pada Januari 2016.

Perekrutan dilakukan oleh tersangka Wihanti alias Hani alias Sherli‎. Sherli menyerahkan 600 korban ini ke tersangka Victor Rismawan untuk dipekerjakan sebagai Pembantu Rumah Tangga dengan. Iming-iming gajinya Rp 3,5 juta per bulan.

“Setelah direkrut dan menunggu keberangkatan, ‎korban ditampung oleh tersangka Victor Rismawan di rumahnya,” kata Umar, Jumat (18/3) di Mabes Polri.

Hingga pada 15 Januari 2016, korban diterbangkan ke luar negeri dengan rute Bandara Soekarno Hatta-Batam-Johor (Malaysia)-Turki.

Saat di Malaysia, para korban sempat ditampung di sebuah apartemen lalu diterbangkan ke Turki dengan pesawat turki airlines.

Sesampainya di Turki, korban diterima oleh agen Turki bernama Abu Iyad kemudian disalurkan ke majikan sebagai pembantu rumah tangga.

“Selama bekerja, korban tidak menerima gaji dan tidak betah lalu kabur dan meminta perlindungan ke KBRI Turki untuk dipulangkan,” tegasnya.

Selain menahan dua tersangka, polisi juga menyita barang bukti berupa foto copy pasport milik korban, boording pesawat, buku tabungan, dan HP milik tersangka.

Atas perbuatannya kedua tersangka dijerat dengan Pasal 4 UU nomor 21 tahun 2007 tentang tindak pidana perdagangan orang dan atau Pasal 102 UU no 39 tahun 2004 tentang penempatan dan perlindungan calon tenaga kerja Indonesia di Luar Negeri.

Tersangka diancam pidana paling rendah tiga tahun paling tinggi 16 tahun dan denda paling rendah Rp120 juta maksimal Rp600 juta. (elf/JPG)

To Top