Jelang Pilgub DKI, Pendukung Saling ‘Serang’ Berbau Sara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Jelang Pilgub DKI, Pendukung Saling ‘Serang’ Berbau Sara

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta, belum dimulai. Namun saling ‘serang’ para pendukung sudah sangat ramai di media sosial.

Belakangan bermunculan meme-meme berbau suku, agama, ras dan antar golongan (SARA). Bahkan meme-meme tersebut terpublikasi secara viral di media jejaring sosial, seakan tidak terbendung. 

“Pesan yang disampaikan oleh meme tersebut bernada ejekan, merendahkan dan menegasikan seseorang berdasarkan aspek primordial,” ujar Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin, Jumat (18/3).

Menurut Masykurudin, penyebaran meme-meme yang bergerak secara cepat dan liar, pada akhirnya mengurangi kualitas informasi publik yang diterima masyarakat.  Hal ini karena penyebaran meme-meme tersebut memberikan informasi yang sepotong-sepotong.

“Kondisi ini pada akhirnya mengakibatkan hak warga Jakarta mendapatkan informasi berimbang dan mendalam terkait pencalonan Pilkada Jakarta, menjadi tersendat,” ujarnya.

Masykurudin berharap masyarakat ke depan lebih cerdas dalam menyikapi fenomena ‘saling serang di media sosial’. Sehingga benar-benar hasil pilkada nantinya membawa perubahan kea rah yang lebih baik. (gir/jpnn)

To Top