Masih Minat Daftar jadi Pendamping Dana Desa? Buruan Daftar… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Masih Minat Daftar jadi Pendamping Dana Desa? Buruan Daftar…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia (UI) Agus Pambagio menyoroti keinginan para bekas fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Perdesaan untuk langsung diangkat sebagai pendamping program dana desa. Menurutnya, pengangkatan pendamping program dana desa tetap harus mengacu pada aturan yang ada.

Agus mengatakan, soal dana desa sudah diatur dalam  Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Selain itu, teknis soal pendampingan juga diatur berdasarkan ketentuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Karenanya Agus mengatakan, mantan fasilitator PNPM Mandiri perdesaan semestinya tak mempermasalahkan aturan main yang ada. Menurutnya, eks fasilitator PNPM Mandiri Perdesaan harus mengikuti prosedur seleksi pendamping dana desa sesuai aturan yang telah ditentukan Kemendes.

“Kalau memang mau daftar pendamping desa ya ikuti aturan dari Kementerian Desa tidak perlu lagi pakai aturan PNPM‎,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Kemendes PDTT, Achmad Erani Yustika menyatakan, pihaknya justru sudah berbaik hati untuk memperbantukan eks PNPM Mandiri sebagai pendamping program dana desa. Padahal PNPM Mandiri Perdesaan sudah berakhir pada 2014.

Namun, Kemendes PDTT justru tidak serta-merta memberhentikan mereka. “Ini  guna mengawal masa transisi dana desa yang belum ada pendampingnya,” katanya.

Dia menambahkan, eks fasilitator PNPM masih diperbantukan sampai Maret 2016. Jika saat ini mereka berhenti, hal itu dikarenakan pendamping desa sudah berjumlah lebih dari 24 ribu.

“Kalau mereka bilang ada kekosongan pendamping adalah tidak benar. Kemendes mempersilakan untuk mendaftar kembali yang masih berminat menjadi pendamping desa,”‎ ujar Erlani. (jpnn/JPG)

loading...
Click to comment
To Top