Usia Diatas 35 Tahun, Bidan PTT di Daerah Ini Jadi Prioritas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Usia Diatas 35 Tahun, Bidan PTT di Daerah Ini Jadi Prioritas

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sebanyak 25 bidan PTT (pegawai tidak tetap) di Kalimantan Barat yang berusia di atas 35 tahun berharap diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Mereka adalah bagian dari 685 orang yang bertugas di Kalbar.

“Saya sudah menyampaikan 25 nama teman-teman bidan PTT itu kepada Ibu Sekjen IBI Pusat, Selasa (15/3) dini hari lalu, untuk dibawa ke Raker dengan Komisi IX DPR RI,” tutur Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kalbar Hj Yusniati kepada Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group) di Sambas, Jumat (18/3).

Dari 25 bidan, kini tercatat masih 24 orang karena seorang telah meninggal di Kabupaten Sintang. “Menurut IBI Pusat, pengangkatan secara bertahap yang dimulai untuk usia 35 tahun ke atas. Insyallah, lainnya juga bisa jadi PNS pada proses lanjutan,” tambah Hj Yusniati.

Bidan PTT yang mengabdikan diri bersama ribuan bidan lainnya di Kalbar, selama ini kurang diperhatikan. Nasib mereka tidak tentu setelah selesai dikontrak pemerintah selama 9 tahun.

Hal sama dirasakan bidan-bidan jebolan Akbid Kalbar, Akbid Muhammadiyah dan pendidikan lokal lainnya, yang masih banyak tak dimanfaatkan di tengah kekurangan tenaga bidan di Kalbar.

Sementara itu, Menteri MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi mengatakan ada 42 ribu bidan PTT se-Indonesia. “Iya, menurut Menkes kebutuhan bidan PTT itu 42 ribu, tapi yang untuk 16 ribu bidan itu akan kami angkat tahun 2016,” ujar Yuddy ditemui JPNN di kantornya, Selasa (6/10) lalu.

Menurut Yuddy, yang 16 ribu itu lantaran administrasinya sudah lengkap untuk memudahkan verifikasi. “Itu datanya by name, by address loh. Yang akan diangkat tahun depan juga serupa tetap melalui proses verifikasi juga,” tambah Yuddy.

Sebelumnya, Bupati Sambas dr Hj Juliarti H Alwi, MPH yang audiensi dengan Yuddy Chrisnandi berharap agar honorer di Kabupaten Sambas serta kabupaten perbatasan lainnya. Mendapatkan prioritas untuk diangkat menjadi ASN. (rakyat kalbar/yuz/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top