SENGIT: Proyek Hambalang, Facebook SBY Banjir Komentar Pedas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

SENGIT: Proyek Hambalang, Facebook SBY Banjir Komentar Pedas

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengguna media sosial tak berhenti memanasi Jokowi vs SBY. Kini, Facebook Susilo Bambang Yudhoyono yang menjadi sasaran mereka. Komentar pedas dan caci maki pun membanjir akun Facebook SBY yang memiliki 5,3 juta pertemanan itu.

Komentar pedas muncul ketika SBY memposting artikel berjudul ‘Soto Lamongan, Masakan Padang, dan Sahabat IFS’, Jumat (18/3/2016). Di artikel itu disebutkan bahwa SBY dan Bu Ani Yudhoyono berkeliling Pulau Jawa selama dua minggu untuk menyerap aspirasi masyarakat sekitar.

Sontak artikel tersebut dikomentari banyak pengguna Facebook. Sebagian dari mereka menyindir SBY, bahkan tak sedikit mencaci maki. Ada juga yang meminta SBY untuk mampir ke Hambalang setelah melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Jawa.

“Dr cikeas mustinya mampir ke hambalang dl pak… Melihat mahakarya pa beye… Baru abis ntu tour de java… Kalimantan.. Papua.. Dll.. Ga afdol klo belum Mampir ke hambalang pa…,” sindir pemilik akun bernama Mang Eman.

“Sedih melihat aset negara di proyek Hambalang cukup lama mangkrak. Alang-alang sudah tumbuh tinggi. Peralatan-peralatan gedung juga tergeletak begitu saja. Perlu segera dibereskan. Pemerintah akan ambil keputusan secepatnya. Karena apapun, ini sudah menghabiskan uang rakyat triliunan rupiah. Aset negara harus segera diselamatkan,” tambah Edi Yanto Purba.

“Maaf pak sby, kalau boleh saya tanya,, kenapa bapak gak ke hambalang,,, kapan mau di resmikan,,, Maaf jangan bilang nanti orang lain tukang resmikan lho… #maaf telah lancang mempertanyakan ini,” imbuh Titiek Komariyah.

“Makanya mantan presiden itu mbokya kaya pak habibie negarawan banget, kalo mengkritik langsung datangi presiden bukan curhat2 di sosmed,..jadi nya tour de java oleh2nya sidak hambalang….hehe,”tandas Ari Hajianto.

Meski banyak yang mencaci maki, tak sedikit pula yang memuji dan memberikan dukungan kepada SBY. Bahkan, ada yang menyebut rindu untuk dipimpin kembali oleh SBY.

“Aslmkm pk….SBY..masyrkat membtuhkan bpk untuk memimpin indonesia lg….dizaman bpk kmi msyrkt tdk susah dn program bnyk nyta….yg smpi skrg dirasakn msyrkt…..klo bisa bpk tolong dtang ke riau wilyah kab. Bengkalis yg berbatasan dengan malaysia….msyrkat blum merdeka disana fasilitas msh kurang,” tulis Andi Ppklkoperasi.

Jokowi vs SBY bermula ketika SBY mengkritik Jokowi. Kritikan itu langsung dibalas Jokowi dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Hambalang, mega proyek era SBY yang mangkrak.

“Kritik SBY kepada Jokowi langsung dijawab oleh Jokowi dengan cara cukup datang saja ke Hambalang,” ujar Pengamat Politik Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti.

SBY mengkritik Jokowi dalam rangkaian Tour de Java, di Pati, Rabu (16/3/2016). Saat itu, SBY mengungkapkan bahwa pemerintah sebaiknya tidak menguras anggaran di sektor infrastruktur. Apalagi, kondisi ekonomi tanah air sedang lesu.

“Yang mengerti ekonomi kalau pajak dikuras habis ekonomi justru tidak tumbuh. Yang penting yang wajib pajak jangan mangkir. Jangan digenjot habis-habisan apalagi saat kondisi ekonomi sedang sulit,” ujar SBY.

Kritikan SBY langsung dibalas Jokowi pada Jumat (18/3/2016) dengan melakukan sidak ke Hambalang. Jokowi sepertinya ingin menunjukkan bahwa ucapan SBY tidak sesuai dengan perbuatannya saat menjadi presiden. Sebab, proyek Hambalang menghabiskan dana Rp2,7 triliun, tetapi hasilnya nol karena dikorupsi.

“Sedih melihat aset negara di proyek Hambalang cukup lama mangkrak. Alang-alang sudah tumbuh tinggi. Peralatan-peralatan gedung juga tergeletak begitu saja. Perlu segera dibereskan,” tulis Jokowi di akun Instagram pribadinya.

“Pemerintah akan ambil keputusan secepatnya. Karena apapun, ini sudah menghabiskan uang rakyat triliunan rupiah. Aset negara harus segera diselamatkan,” tandas Jokowi. (one/pojoksatu)

loading...
Click to comment
To Top