SIMAK: Demokrat Berpeluang Menang di Pilkada Sulbar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

SIMAK: Demokrat Berpeluang Menang di Pilkada Sulbar

FAJAR.CO.ID, SULBAR – Lembaga Konsultan Pemilu Nurani Strategic memprediksi calon yang diusung Partai Demokrat dalam Pilkada di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Februari 2017 mendatang paling berpeluang menang.

Posisi mereka sebagai peraih kursi terbanyak di Pileg 2014 dan hasil akhir dari Pilkada serentak 2015 lalu menjadi faktor dari prediksi itu.

“Mereka bukan peraih suara terbanyak. tapi, Demokrat memiliki anggota dewan terbesar dan pada event seperti pilkada kekuatan figur yang menjadi pendukung calon utama mereka sangat berperan,” ujar Nurmal Idrus, Direktur Nurani strategic, Sabtu (19/3/2016) dalam siaran persnya.

Mantan Ketua KPU Makassar ini menyatakan selain itu, penyebaran suara Demokrat juga terhitung merata dan beberapa diantaranya menumpuk di beberapa wilayah yang menjadi kantong suara di Sulbar.

“Pada event seperti pilkada, faktor keberhasilan menumpuk suara di sebuah wilayah bisa menjadi penentu dan Demokrat berhasil menerapkan strategi itu di Pileg dan Pilkada terakhir.

Sistem hitung suara di Pilkada bukanlah sistem distrik tetapi suara terbanyak. Demokrat mampu mengamankaan suara basisnya di Sulbar dan tak terpancing untuk bermain di wilayah lebih luas,” katanya.

Nurmal menyarankan agar calon Demokrat bisa dipilih dari figur yang kuat di wilayah Majene, Polman dan Mamasa. “Di wilayah itu Demokrat agak keteteran dalam perebutan suara,” tukasnya. (pojoksulsel)

loading...
Click to comment
To Top