SIMAK: Tahapan Pilkada Takalar akan Terhambat Karena Ini.. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

SIMAK: Tahapan Pilkada Takalar akan Terhambat Karena Ini..

FAJAR.CO.ID, TAKALAR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Takalar mulai khawatir dengan tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada). Pasalnya, pemerintah daerah (pemda) setempat hingga saat ini belum juga menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Dimana itu telah diatur penandatangan itu bisa dilakukan di April 2016 sebagaimana yang diatur dalam rencana Peraturan KPU untuk Pilkada 2017.

Ketua KPUD Kabupaten Takalar Jusssalim mengatakan, jauh hari sebelumnya telah ia masukkan pengajuan anggaran kepada pemda setempat. Dengan alasan agar NPHD tersebut juga cepat ditandatangani. Ada Rp 19 Miliar yang telah diajukan dengan mencakup hingga pelaksanaan pilkada usai. “Kita sebagai penyelenggara sangat berharap itu bisa dilakukan secepatnya. Sebab, kami khwatir tahapan akan terganggu jika anggaran lambat,”kata Jussalim, Minggu 20 Maret.

Apalagi kata Jussalim, april mendatang pihaknya akan mulai merekrut badan adhok yang akan bersama-sama mengawal pilkada takalar ini.”Kita maunya paling lambat akhir maret ini, pemda sudah bisa menandatangani itu. Sebab di april kita akan mulai merekrut,”harapnya.

Jussalim menambahkan, wujud kepala daerah serius dan komitmen mensukseskan Pilkada adalah tatkala mereka berkomitmen menandatangani NPHD. Sehingga, dalam dokumen penandatanganannya tersebut, harus dijelaskan proses tahapan penurunanannya akan berlangsung berapa kali anggaran dapat diturunkan. “Dalam dokumen harus dijelaskan berapa kali, sehingga bisa ketahuan. Itu diturunkan sebelum di tahapan yang butuhkan,” ungkapnya.

Berdasarkan komunikasi dia dengan pemerintah setempat bahwa NPHD itu akan secepatnya dilakukan. Namun, pencairannya akan dilakukan secara bertahap. Mulai APBD 2016 kemudian di APBD Perubahan dan terakhir akan dianggarkan APBD 2017. “Informasi dari pemda terakhir kalau yang akan cair itu hanya Rp 10 miliar dulu. Tetapi, saya masih mengupayakan agar bisa cair sekitar Rp 15 miliar, sisanya nanti menyusul,”jelasnya. (taq/Fajar)

Click to comment
To Top