Ini 3 Kandidat Kuat Calon Bos Mandiri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Ini 3 Kandidat Kuat Calon Bos Mandiri

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tiga kandidat kuat bermunculan seiring berakhirnya masa jabatan Budi Gunadi Sadikin, sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) hari ini (21/3).

Mandiri akan mengadakan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) di Plaza Mandiri. Salah satu agendanya adalah perubahan pengurus perseroan. ”Iya, direktur utama (diganti) dan ada satu direktur yang masa jabatannya habis,” ujar Corporate Secretary Mandiri Rohan Hafas kemarin (20/3).

Salah seorang direktur yang masa jabatannya habis adalah Direktur Jaringan Sentot A. Sentausa. Keputusan soal pengganti Budi Sadikin berada di tangan pemegang saham utama, yakni Kementerian BUMN.

Namun, nama tiga kandidat pemimpin bank beraset Rp 910,063 triliun itu telah mencuat. Mereka adalah Direktur Treasury & Markets Bank Mandiri Pahala N. Mansury, Direktur Finance & Strategy Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, serta Dirut Bank Tabungan Negara (BTN) Maryono.

Pemilihan di Kementerian BUMN dikabarkan selesai akhir pekan lalu, terutama untuk jabatan direktur utama. ”Katanya sih terpilih yang muda,” kata sumber koran ini yang namanya enggan disebutkan.

Jika benar, Kartika Wirjoatmodjo kelahiran 1973 termasuk yang paling muda. Pahala yang kelahiran 1971 hanya terpaut dua tahun. Maryono adalah banker senior kelahiran 1955.

Meski disebut-sebut bakal memimpin Mandiri, Pahala enggan berkomentar. ”Saya tidak tahu. Aduh, saya tidak bisa komentar tentang itu ya,” tutur peraih gelar MBA dari New York University Stern School of Business tersebut.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menilai posisi strategis Bank Mandiri boleh jadi merupakan bagian dari upaya merealisasikan bunga bank single digit.

”Aset Bank Mandiri itu besar. Pengaruhnya di industri juga besar. Posisinya sebagai trendsetter dan bisa membuat bank lain menjadi follower,” terangnya.

Mewujudkan bunga bank single digit diperkirakan menjadi target pimpinan baru Bank Mandiri. Target lain adalah menjaga performa positif Bank Mandiri saat menjalankan agenda penurunan bunga.

”Saya lihat ketiga kandidat punya kapasitas dan kelebihan masing-masing. Dibutuhkan banyak pengalaman dan sangat memahami bisnis Bank Mandiri,” tandasnya. (gen/c14/noe/pda)

Click to comment
To Top