Ssssst.. PKS Lirik Kader Eksternal untuk Pilgub Sulsel, Ada apa? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Ssssst.. PKS Lirik Kader Eksternal untuk Pilgub Sulsel, Ada apa?

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Tampaknya Partai Keadilan Sejahtera mulai melirik kader eksternal untuk diusung sebagai calon Gubernur pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 mendatang. Rupanya PKS mulai sedikit realistis dengan kondisi kader internal yang kurang memiliki sosok yang mampu diusung pada Pilgub mendatang.

Oleh karena itu, kader eksternal tersebut tampaknya menjadi jalur alternatif bagi PKS untuk menjadi pemenang dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Adapun salah satu figur eksternal yang dilirik oleh PKS adalah, Mantan Bupati Gowa dua priode, Ichsan Yasin Limpo.

Presiden PKS, Sohibul Iman mengatakan sosok IYL sapaan akrab Ichsan Yasin Limpo tidak dapat diragukan lagi. Pasalnya, kata Sohibul, track record IYL sudah terbukti ketika menjabat sebagai Bupati Gowa dua priode. Oleh karena itu, lanjut dia, peluang IYL untuk mengendarai PKS cukup terbuka lebar.

“Pilgub Sulsel memang tergolong cukup lama yakni pada 2018 mendatang, namun hal tersebut bukan berarti tidak melakukan penajajakan figur yang akan diusung nantinya, salah satunya itu adalah Ichsan,” ujarnya.

Bukan hanya itu, tambah Presiden ke-6 PKS ini, selain Ichsan, partainya juga sedang melihat perkembangan nama-nama lainya yang juga memiliki peluang yang sama untuk diusung antara lain Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang dan Mantan Bupati Banteng dua periode, Nurdin Abdullah.
Ia mengaku, ,meski kader internal tak seseksi tiga nama kader eksternal yang akan diincar PKS untuk diusung, ia tetap mempersiapkan kader internal PKS antara lain seperti Ketua PKS Sulsel, Mallarangeng Tuttu dan dua legislator PKS Sulsel di DPR RI yakni Akmal Pasluddin dan Tamsil Linrung.

“Tentu sebelum diusung, kan kita lihat dulu prospek kerja hingga Tim pemenangnnya, tapi perlu diingat bahwa tiap partai politik tentunya mengutamakan kader internal untuk diusung dalam Pilkada, jadi yah kita lihat dululah perkembangan dua tahun kedepan terhadap kader internal. Dan saya kira dimana-mana partai itu punya tahapan dan mekanisme pencalonan,” paparnya.

Ia menambahkan, khusus untuk kader internal yang akan maju pada Pilgub Sulsel 2018 mendatang nantinya akan diseleksi dengan melalui Pemilihan Umum Internal (PUI). Menurutnya, PUI tersebut akan melakukan penjaringan dan akan menentukan bakal calon yang akan diusung pada Pilgub. “Terus terang saja, pada dasarnya kita tetap mengambil posisi 01,” ungkapnya.

Sementara itu, bendahara PKS Sulsel, Aryadi Arsal mengatakan pada tiap konstentan pemilu, PKS akan lebih mengutamakan kader daripada figur eksternal. Namun, perlu digaris bawahi bahwa kader internal yang akan maju haruslah memiliki elektabilitas, basis sosial dan materi yang matang yang tentunya sesuai dengan indikator dan sesuai mekanisme partai.

“Saya kira kader internal yang diutamakan tersebut haruslah memiliki basis sosial dan memiliki biaya operasional cukup baik barometernya untuk menang‎, sebab ketika maju sudah pasti harus menargetkan kemenangan,” jelasnya. (**/Rakyatsulsel/fajar)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top