Pergaulan Bebas Meningkat, Pernikahan Dini tak Terbendung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pergaulan Bebas Meningkat, Pernikahan Dini tak Terbendung

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kasus pernikahan dini atau perkawin di bawah umur di Kota Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) meningkat dari tahun 2015 hingga memasuki triwulan pertaman 2016. Hal ini tentu menjadi perhatian dengan harapan adanya peran Pemkot Makassar dalam meminimalisir kasus pernikahan dini atau di bawah umur.

Berdasarkan data Pengadilan Agama Kota Makassar disebutkan sebanyak 31 kasus sejak Januari-Desember 2015. Hal ini dinilai kasus tersebut merupakan tren pergaulan bebas di kalangan remaja khusus Makassar.

Kasus ini mendominasi pelajar  yang masih duduk dibangku SMP/SMA. Hal ini dibenarkan Kepala Bidang Pengaduan Pengadilan Agama Makassar, Hartina kepada pojoksulsel.com.

Dia mengungkapkan, l kasus pernikahan dibawah umur atau disebut ‘Dispensasi kawin’ selama 2015 dan 2016 mengalami peningkatan signifikan. Dimana ‘dispensasi kawin ‘tahun 2015 jumlahnya 25 kasus dan tahun 2016 dalam kurung tiga bulan ini sudah 8 kasus.

“Untuk di 2014 sebanyak 23 kasus. Ini rata-rata status siswi SMP dan SMA yang masih dibawa umur yakni 12-15 tahun. Mereka terpaksa menikah karena berbadan dua. Kebanyakan kasus itu tidak mendapat restui orang tua sehingga dilaporkan ke pengadilan agama. Hal ini mayoritas disebabkan pergaulan bebas,” kata Hartina. (asrul/pojoksulsel)

loading...
Click to comment
To Top