Buat TNI, Ada Kabar Gembira dari Menteri Anies Baswedan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Buat TNI, Ada Kabar Gembira dari Menteri Anies Baswedan

Anies Baswedan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Kementerian Perindustrian, Kementerian BUMN, melakukan kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam penelitian dan pengembangan alat utama sistem persenjataan (alutsista) serta non-alutsista.

Kerja sama ini tertuang dalam nota kesepahaman. Khusus Kemendikbud, nota kesepahaman ini berisi poin tentang kesempatan bagi pelajar SMK belajar merawat dan memproduksi suku cadang alutsista milik TNI.

“Untuk Kemendikbud, poinnya adalah pemanfaatan laboratorium-laboratorium milik TNI sebagai media pembelajaran dan kesempatan bagi siswa SMK untuk belajar merawat serta memproduksi suku cadang alutsista milik TNI,” ujar Mendikbud, Selasa (22/3).

Pelibatan pelajar SMK dalam merawat dan memproduksi alutsista TNI itu bertujuan membangun kemandirian pertahanan. Bila ada suku cadang yang bermasalah, pemesanan ke negara lain memakan waktu lama dan mahal. Ketergantungan yang berlebihan terhadap negara lain dalam hal suku cadang alat pertahanan negara dipandang tidak baik, sehingga penting mewujudkan kemandirian pertahanan dengan melibatkan generasi bangsa.

Mendikbud mengatakan, TNI memiliki berbagai fasilitas yang bisa menjadi wadah pembelajaran bagi para siswa. “TNI memiliki fasilitas, maka izinkan anak-anak belajar di situ karena fasilitas itu tidak ditemukan di semua tempat,” ucapnya.

Selain itu, terbukanya kesempatan berinteraksi yang lebih luas antara anggota TNI dengan berbagai elemen bangsa, khususnya generasi muda bangsa.

“Adanya interaksi dapat membangun perasaan sebangsa untuk ikut menjaga republik ini. TNI adalah institusi yang tak pernah diragukan kerelaannya untuk berkorban. Insya Allah semangat itu akan tertular kepada anak-anak kita,” tutur Mendikbud. ‎(esy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top