Calon Menkeu Myanmar Mengaku Gelar PhD-nya Palsu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Calon Menkeu Myanmar Mengaku Gelar PhD-nya Palsu

FAJAR.CO.ID, NAYPYIDAW – Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) dibuat pusing dan harus berusaha membela diri setelah gelar akademis (PhD) calon menteri keuangan Kyaw Win yang diusungnya diduga palsu.

Ini terungkap setelah daftar riwayat hidupnya diumumkan ke khalayak umum. Dimana dalam riwayat hidupnya disebutkan, ia mendapat gelar PhD dari sebuah universitas yang menjual ijazah dari Pakistan, yang juga terlibat dalam skandal penipuan akademis di internet.

Dilansir dari BBC , berdasarkan riwayat hidupnya, Kyaw Win meraih gelar doktor dari Brooklyn Park University di Amerika Serikat. Namun, universitas itu tidak pernah ada walau pernah muncul di internet, sampai harian The New York Times melakukan investigasi dan menemukan skandal penjualan gelar lewat internet tersebut.

Kepada harian Myanmar Times, pria berusia 68 tahun ini mengakui bahwa gelarnya palsu, dan dia sudah menghentikan penggunaan gelar tersebut.

Wartawan BBC yang menghubungi juru bicara Partai NLD pimpinan Aung San Suu Kyi hanya menerima jawaban singkat. “Itu tidak masalah,” kata sang juru bicara sambil menutup sambungan telepon.

Click to comment
To Top