Italia vs Spanyol : Duel Dua Raksasa Eropa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Italia vs Spanyol : Duel Dua Raksasa Eropa

FAJAR.CO.ID, UDINESE – Jeda internasional Maret sebagai ajang pemanasan bagi para peserta Euro 2016 bakal dibuka dengan sebuah laga besar di Stadio Friuli, Udinese, Jumat (25/3) dini hari WIB. Tim yang berduel tidak main-main karena mereka adalah finalis Euro 2012, Italia dan Spanyol.

Spanyol tentu ingin mengulangi pencapaian mereka pada empat tahun lalu ketika sukses menggilas Italia 4-0 di final. Kendati demikian, pelatih Vicente del Bosque saat ini tengah kebingungan mencari susunan lini depan setelah striker andalan Diego Costa tidak dipanggil akibat cedera.

Paco Alcacer, yang menjadi ujung tombak La Roja di partai-partai pamungkas kualifikasi, sedang tidak dalam kondisi memuaskan. Bomber Valencia itu sudah tanpa gol di La Liga Spanyol sejak dua bulan terakhir. Del Bosque pun memanggil striker veteran berusia 35 tahun, Aritz Aduriz, yang musim ini telah mencetak 31 gol bersama Athletic Bilbao di semua kompetisi.

Namun, kans terbesar untuk mengisi pos striker utama Spanyol adalah Alvaro Morata. Striker Juventus itu belakangan tampil mengesankan melawan Bayern Munich di Liga Champions serta sepasang gol dalam derby Turin pada akhir pekan lalu. Del Bosque mengakui bahwa Morata layak dipandang sebagai striker nomor satu Spanyol, namun ia juga memberikan syarat tambahan bagi penyerang 23 tahun itu.

“Dia punya segala atribut untuk menjadi penyerang utama Spanyol. Tetapi, dia belum tampil reguler di klub. Konsistensi performanya masih buruk. Semua terletak pada tanggung jawab sang pemain. Semoga dia bisa memperbaikinya di Juventus dan di timnas,” jelas Del Bosque.

Selain itu, diskusi partai Italia-Spanyol ini juga terletak pada nasib pelatih kedua tim setelah Euro 2016 berakhir. Jika Del Bosque masih belum pasti bakal meninggalkan La Roja, maka pelatih Azzurri Antonio Conte sudah dikonfirmasi bakal hengkang.

SIMAK JUGA
Lima Momen Terbaik Spanyol Vs Italia
Vicente Del Bosque: Alvaro Morata Layak Jadi Striker Utama Spanyol, Tapi…
Inilah Lima Kandidat Kuat Pengganti Antonio Conte
Meski demikian, Conte masih belum menemukan formula tepat untuk skuatnya. Seiring putaran final Euro 2016 kian mendekat, Conte masih sibuk melakukan gonta-ganti formasi dalam beberapa laga terakhir. Maret ini, Conte bahkan memanggil dua debutan, Federico Bernardeschi (Fiorentina) dan Jorginho (Napoli) sehingga kian menegaskan bahwa ia enggan terpaku pada satu sistem.

Beberapa nama besar juga bakal absen dalam partai ini, di antaranya adalah Marco Verratti (hamstring), Andrea Barzagli (otot), dan Sergio Busquets (jari tangan). Kiper Gianluigi Buffon juga diragukan tampil akibat mengalami sakit demam.

Spanyol menjadi favorit di partai ini mengingat sejarah pertemuan terkini yang memihak mereka. Setelah berjaya di final Euro 2012, Spanyol menggasak Italia di Piala Konfederasi 2013 melalui babak adu penalti, sebelum kembali menang 1-0 di Vicente Calderon pada Maret tahun lalu berkat gol Pedro Rodriguez.(goal.com)

loading...
Click to comment
To Top