Sembilan Aksi Teror yang Hebohkan Dunia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Sembilan Aksi Teror yang Hebohkan Dunia

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ledakan bom yang menyasar Bandara Zaventem dan Stasiun Metro Maelbeek di Brussels, Belgia bukan menjadi teror pertama terkait ISIS. Aliran radikal itu sudah beberapa kali menebar teror di negara lainnya termasuk di Indonesia. Teror-teror besar kembali terjadi sejak 2015 lalu hingga 22 Maret kemarin di Brussels. Berikut ini aksi-aksi teror yang terinspirasi atau terkait ISIS yang terjadi di luar Syria dan Iraq:

7 Januari 2015: Serangan di kantor majalah Charlie Hebdo di Kota Paris, Prancis. Dua pelaku bersenjata Kalashnikov menewaskan 12 orang.

20 Maret 2015: Bom bunuh diri di Masjid Al-Badr dan Masjid Al-Hashoosh di Kota Sanaa, Yaman. Empat pelaku meledakkan diri. Jumlah korban tewas 142 orang.

26 Juni 2015: Penembakan masal di resor pantai Port El Kantaoui, Kota Sousse, Tunisia. Pelaku tunggal yang diidentifikasi sebagai Seifeddine Rezgui Yacoubi tewas di tangan aparat setelah menembak mati 39 korbannya.

10 Oktober 2015: Ledakan bom ganda mengguncang Kota Ankara, Turki, saat aktivis buruh menggelar unjuk rasa damai. Sedikitnya 103 nyawa melayang.

31 Oktober 2015: Metrojet 9268 milik Rusia ditembak jatuh di kawasan Sinai, Mesir. Seluruh penumpang yang berjumlah 217 dan tujuh kru pesawat tewas.

13 November 2015: Teror Paris. Delapan pelaku melancarkan aksi bom bunuh diri dan penembakan serentak di enam lokasi berbeda di Kota Paris, Prancis. Insiden itu menewaskan 130 warga sipil. Tujuh pelaku tewas. Seorang lainnya kabur dan akhirnya tertangkap di Molenbeek Borough, Kota Brussels, Belgia, pada 18 Maret 2016.

14 Januari 2016: Teror Jakarta. Delapan orang meninggal dunia.

2 Desember 2015: Insiden penembakan di Kota San Bernardino, Amerika Serikat. Pelaku adalah pasangan suami istri dan korban tewas mencapai 14 orang.

22 Maret 2016: Teror Brussels. Tiga ledakan terjadi di Bandara Zaventem dan Stasiun Metro Bawah Tanah Maalbeek di Kota Brussels, Belgia. Pelaku sedikitnya tiga orang. Dua tewas dan seorang tertangkap. Jumlah korban jiwa sedikitnya 32 orang.
(New York Times/ sha/c10/c9/ttg/flo/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top