Tiga Jenis Teh untuk Atasi Mual saat Hamil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Tiga Jenis Teh untuk Atasi Mual saat Hamil

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mual dan muntah mengganggu kenyamanan Ibu saat mengandung? Mual hamil atau biasa disebut dengan morning sickness ini memang menjadi salah satu satu gejala yang tak bisa dihindari oleh wanita hamil. Umumnya, mual hamil ini terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan dan akan berkurang seiring bertambahnya usia kandungan. Mekipun dinilai sebagai gejala yang wajar, namun mual hamil ini dapat menimbulkan rasa ketidaknyaman tersendiri di badan Ibu.

Nah, untuk mengurangi rasa tak nyaman ini, ada banyak cara yang bisa Ibu lakukan salah satunya dengan mengonsumsi teh. Ingin tahu informasi selengkapnya? Yuk, simak di sini:

1. Teh jahe
Menyeduh secangkir teh jahe di pagi hari dapat membuat badan terasa lebih hangat dan melawan rasa mual. Untuk membuat teh jahe ini, Ibu dapat merebus 30 gram jahe kering bersama segelas air teh manis atau tawar sesuai selera. Jika ingin rasanya lebih nikmat, Ibu bisa menggunakan seruas jahe segar yang sudah dimemarkan kemudian direbus dan biarkan hingga 10-15 menit sampai airnya benar-benar mendidih. Setelah itu, saring air teh tersebut agar jahe kering atau potongan jahe tidak tertelan. Segera nikmati minuman pengusir mual hamil ini selagi masih hangat.

2. Teh lemon
Menyeduh secangkir teh yang dicampur dengan air lemon juga dapat membantu menyegarkan tubuh saat mual hamil melanda. Apabila tidak terlalu suka rasa asam, Ibu dapat menggunakan sedikit saja air perasan lemon atau menambahkan gula sesuai selera. Selain memiliki rasa yang segar dan dapat mengurangi rasa mual saat hamil, aroma dari teh lemon ini juga akan membuat Ibu merasa lebih rileks.

3. Teh daun rasberi merah
Ramuan ini cukup populer untuk mengatasi beberapa masalah kehamilan termasuk diantaranya mual hamil. Ibu dapat menyeduh satu hingga dua sendok daun rasberi kering dengan secangkir air panas dan tambahkan gula secukupnya. Daun yang satu ini memang cukup jarang ditemui dan kadang bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang. Maka dari itu, jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terpercaya sebelum mengonsumsi teh daun rasberi ini

Nah Ibu, itulah beberapa jenis teh yang bisa membantu meredakan dan mengurangi mual hamil. Selain itu, untuk mengurangi mual hamil sebaiknya kurangi aktivitas berlebihan yang dapat memicu rasa lelah. (dechacare.com)

loading...
Click to comment
To Top