20 Korban Eksploitasi Anak Terselamatkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

20 Korban Eksploitasi Anak Terselamatkan

17.03.09 
Generic picture for child trafficking.

Pic: James Davies / ©James Davies Photography
07875541481
jamesdaviesphotography@googlemail.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Polres Metro Jakarta Selatan mengungkap kasus tindak pidana perdagangan orang dan perlindungan anak. Di mana, sebanyak 20 anak diduga menjadi korban tindak kejahatan.

“Total korban 20. Kami melakukan pendataan kemudian pemeriksaan. Kami mendapat yang tadi bayi. Yang terindikasi melanggar TPPO adalah bayi karena diberikan obat penenang,” ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Wahyu Hadiningrat, Jumat (25/3).

Wahyu menambahkan, dua orang korban dibawa ke rumah perlindungan anak Rumah Perlindungan Sosial Anak Bambu Apus milik Kementerian Sosial, seorang saksi dipulangkan, dan seorang bayi, B, (6 bulan) dibawa ke Rumah Sakit Pusat Pertamina.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh aparat kepolisian, salah satu korban mengaku mempunyai empat saudara. Dua orang saudara yang lebih tua dijual ke luar kota, yaitu Klaten dan Malang.

Untuk memberikan pendampingan kepada anak, aparat kepolisian bekerja sama dengan pihak Dinas Sosial. Ada dua orang anak laki-laki dan perempuan yang dibawa ke Rumah Perlindungan Sosial Anak Bambu Apus milik Kementerian Sosial.

Kepala Rumah Perlindungan Sosial Anak Bambu Apus Kementerian Sosial, Neneng Heriani, mengatakan pihaknya memberikan pemenuhan makan, kebersihan diri, dan kesehatan medis sesuai permintaan polres.

“Kami melakukan pendampingan dan terapi psycososial. Kami siap menerima apabila anak perlu perlindungan. Child Protection perlu dilakukan,” kata dia.

Dia menambahkan, setelah menjalani masa pemulihan, anak akan dikembalikan kepada orang tua. Namun, apabila anak masih diekspolitasi, maka akan dikembalikan ke rumah  perlindungan milik Kementerian Sosial atau dicari keluarga yang mau menampung. (elf/JPG)

loading...
Click to comment
To Top