Sepanjang 2015, Ada 5.569 Kasus TBC di Daerah Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Sepanjang 2015, Ada 5.569 Kasus TBC di Daerah Ini

FAJAR.CO.ID, PONTIANAK- Kasus tuberkulosis di Kalimantan Barat sangat memprihatinkan. Sepanjang 2015 lalu, ada 5.569 kasus TBC di Kalbar. Jumlah itu memang menurun dua persen dibandingkan 2014 silam.

Tapi, ribuan kasus tersebut tentu harus menjadi perhatian serius Pemprov Kalbar. Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Yulisus Jualang menjelaska,n dari 5.569 kasus itu, sebanyak 3.968 di antaranya dinyatakan BTA positif pada penderita baru.

“Selain itu juga terdapat pasien TB yang menjalani pengobatan ulang karena kambuh kembali sebanyak 101 kasus, default 12 kasus, dan gagal empat kasus,” kata Yulisus, Kamis (24/3) kemarin.

Menurut Yuslisus, kendala yang dihadapi dalam penanganan kasus itu ialah anggaran. Selain itu, banyak warga yang enggan memeriksakan diri.

“Kalbar juga hanya memiliki satu rumah sakit rujukan untuk TB yakni RSUD Soedarso Pontianak. Tahun ini akan ditambah dua lagi yaitu di Sintang dan Ketapang,” ungkap Yulisus. (uni/jos/jpnn)

Click to comment
To Top