KERUSUHAN RUTAN MALABERO: Mantan Bupati Mukomuko Selamat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

KERUSUHAN RUTAN MALABERO: Mantan Bupati Mukomuko Selamat

Rutan Malabero Kota Bengkulu Terbakar, Jumat (25/3). Sedikitnya lima tewas dalam insiden ini. Foto: bengkulueskpres/JPNN

FAJAR.CO.ID, BENGKULU – Polisi langsung dapat meredakan kerusuhan di Rutan Melabero, Bengkulu. Meskipun lima orang tewas dalam insiden tersebut, polisi berhasil meredam kerusuhan tidak meluas ke blok lain.

Setelah bisa meredakan suasana, polisi langsung mengevakuasi seluruh tahanan penghuni di blok A, termasuk seratusan yang diduga menjadi biang kerusuhan.

Evakuasi yang dilakukan petugas terhadap seluruh tahanan dengan cara menanggalkan baju. Perlakuan terhadap seluruh tahanan sama, sekalipun mantan pejabat. 

Salah satu diantaranya yang berhasil direkam RB (Fajar Group), mantan Bupati Mukomuko, Ichwan Yunus yang sudah sepuh itu, dikawal keluar rutan oleh petugas, hanya mengenakan celana pendek dan bertelanjang dada. 

Selanjutnya dia duduk jongkok, dikumpulkan dengan tahanan lainnya di teras rumah warga. Sekitar pukul 24.00 WIB, dapat dipastikan seluruh bagian di Blok A Rutan Malabero hangus terbakar. Menyisakan blok B.

Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol. M Ghufron yang langsung turun ke Rutan Malabero memimpin evekuasi tahanan dan pemadaman kebakaran membenarkan kerusuhan di Rutan Malabero dipicu dari penangkapan tahanan narkoba oleh BNN Provinsi.

“Pukul 08.00 WIB, anggota BNN dan Polda mau ambil tahanan terkait pengembangan kasus narkoba. Proses penangkapan dan penggeledahan telah memprovokasi tahanan yang lain. Sehingga terjadilah kericuhan dan kerusuhan. Sementara seluruh tahanan yang berhasil dievakuasi dititipkan dulu ke Lapas Bentiring,” kata Kapolda. (cuy/fiz/ray)

Click to comment
To Top