Mantan Ketua KPK Didorong Maju pada Pilgub DKI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Mantan Ketua KPK Didorong Maju pada Pilgub DKI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sejumlah aktivis berkumpul di restoran Pempek Kita di Jalan Tebet Timur Dalam Raya, Jakarta Selatan, Jumat siang (25/3). Dalam pertemuan itu, mereka mendorong mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiqurrahman Ruki untuk ikut dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta.

Mereka yang hadir dalam pertemuan itu antara lain adalah Fahmi Idris, Syahganda Nainggolan, M. Hatta Taliwang, Ratna Sarumpaet, Dojo Edy, Prof. Prijono, Chandra T.  Wijaya, Haris Rusli Moti, Derek Manangka, dan Bursah Zarnubi yang menjadi tuan rumah.

Pertemuan tersebut mengambil tema “Mari Boeng Reboet Kembali”. Istilah ini belakangan kerap digunakan Taufiqqurrahman Ruki dalam pernyataan-pernyataannya di berbagai diskusi.

Menurut para aktivis ini, Taufiqurrahman Ruki memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk memimpin ibukota. Selain tentu saja sudah terbukti memiliki komitmen yang tinggi dalam pemberantasan korupsi.

“Saya kira kita semua sepakat dengan Pak TR (Taufiqurrahman Ruki) bahwa sudah saatnya kita semua berkata: mari Bung rebut kembali,” ujar Hatta Taliwang yang menjadi moderator.

Hatta, seperti aktivis-aktivis lain yang hadir, menilai bahwa proses demokrasi Indonesia saat ini telah dibajak oleh pemilik modal kelas naga yang bisa dengan mudah membeli partai politik dan mendanai individu tertentu yang hendak mereka jadikan kuda troya. “Inilah makna hakiki dari seruan mari Bung rebut kembali,” ujar Bursah Zarnubi.

Adapun Ratna Sarumpaet, mengingatkan, yang juga penting dilakukan para aktivis selain mencari kandidat bermutu untuk bertarung dalam pemilihan gubernur adalah terus mengawal proses hukum kasus pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras yang ditengarai berbau korupsi dan melibatkan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

Para aktivis yang berkumpul di Pempek Kita itu akan mengusung Taufiqurrahman Ruki sebagai calon dari jalur independen. Tetapi mereka juga merasa perlu untuk berkomunikasi dengan pimpinan-pimpinan partai politik. (dem)

Click to comment
To Top