Long Weekend, Industri Wisata Panen  – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Budaya & Pariwisata

Long Weekend, Industri Wisata Panen 

JAKARTA — Long weekend, 25-27 Maret 2016 betul-betul membuat objek wisata panen. Tak ada tempat wisata yang sepi pengunjung saat libur panjang Paskah 2016 itu. Lihat saja aktivitas Dermaga Marina Ancol. Sejak Jumat (25/3), dermaga itu dipadati sekitar 1.500 orang per hari. Sampai Minggu (27/3), aktivitas wisatawan tak juga kunjung surut untuk  pelesir ke sejumlah pulau di Kepulauan Seribu.

“Kalau dirata-rata, ada sekitar 1.500-an pengunjung yang menyeberang ke Kepulauan Seribu. Per siang ini saja sudah ada 1.000-an pengunjung yang menyeberang,” ujar Budi Jeep, Manajer Marketing sebuah perusahaan jasa perjalanan dan wisata di Dermaga Marina Ancol, Minggu (27/3).

Tingginya lonjakan pengunjung tadi memang tidak mengherankan. Maklum, Kepulauan Seribu menyimpan sejuta pesona wisata bahari yang paling dekat dangan ibu kota itu.  Wisatawan bisa berkeliling pulau, bermain air, sport tourism, hingga berfoto narsis di pantai dan pasir putih.

Bisa juga menikmati spot-spot snorkeling dengan panorama coral dan ikan laut yang beraneka ragam. Belum lagi pesona Jembatan Cinta yang ikonik dan pantai yang indah disertai dengan embusan angin yang lembut. Dijamin, wisatawan akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di Kepulauan Seribu.

Yang ingin menjajal fasilitas wisata dan olahraga air, ada banana boat yang siap memanjakan wisatawan. Memancing, bersepeda dan wisata keliling pulau juga bisa dijadikan pilihan untuk bersenang-senang. Belum lagi keragaman kuliner khas Kepulauan Seribu berupa BBQ berbagai macam seafood seperti ikan tongkol, kerapu, dan cumi-cumi. Cita rasanya dijamin bisa menggugah selera makan.

“Kami sampai kewalahan melayani wisatawan ,” papar Budi.

Dari data yang ada, Pulau Tidung masih menjadi tujuan favorit wisatawan. Satu strip di bawahnya, ada Pulau Pari. Urutan tiga besar adalah kunjungan ke Pulau Pramuka. “Ini baru data dari kapal reguler. Dari paket wisata juga banyak. Rata-rata 300 wisatawan setiap resort-nya,” katanya.

Dari paparan Budi, jumlah wisatawan pada libur panjang akhir pekan kali ini  naik hingga 100% dibandingkan libur akhir pekan biasa. Suasana di Dermaga Marina Ancol pun tak pernah sepi. Sejak pukul 06.00 WIB, Marina Ancol sudah dipenuhi wisatawan yang akan menyeberang ke Pulau Seribu.

Sejak Kamis, 24 Maret 2016 Jakarta memang kena serangan macet total di mana-mana. Apalagi jalur ke arah Bandung? Bisa 4-5 jam dari Jakarta ke Kota Kembang itu. “Ingat-ingat saja, daya beli masyarakat kita terhadap produk pariwisata sangat tinggi. Wajar jika setiap liburan pasti banyak orang yang berwisata, membelanjakan uangnya untuk cafe, resto, theme park, dan kegiatan lain,” kata Menpar Arief Yahya.

“Domestic market kita sangat kuat, 255 juta perjalanan setiap tahunnya. Angka yang cukup besar dan sanggup memutar banyak uang di industri pariwisata,” jelas Arief. (fajar.co.id)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top