Uber dan Grab Optimis Izin Resmi akan Keluar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Uber dan Grab Optimis Izin Resmi akan Keluar

16113_34029_Grab Taxi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Uber bersama mitranya, Koperasi Jasa Trans Usaha Bersama (Trans UB), tengah menyelesaikan persyaratan agar bisa beroperasi resmi.

Mereka hanya diberi waktu dua bulan untuk mengantongi semua izin. Menurut Sekretaris Koperasi Trans UB Musa Emyus, semua sudah sesuai dengan perencanaan.

Musa mengatakan, seluruh dokumen sudah disiapkan. Bahkan, sudah diajukan agar bisa memperoleh izin operasi dan angkutan sewa untuk kendaraan di bawah naungan koperasinya.

Dia optimistis seluruhnya bisa rampung sebelum batas waktu yang diberikan. Bukan hanya perkara perizinan, tapi juga uji kelayakan kendaraan atau kir. Seperti diberitakan, Uber dan Grab diberi waktu hingga 31 Mei 2016 untuk melengkapi semua persyaratan.

Bila tidak, dua penyedia layanan aplikasi transportasi berbasis online tersebut akan diblokir. Sementara itu, mitra Uber dan Grab yang masih beroperasi tanpa ketentuan akan langsung ditindak tegas.

“Insya Allah selesai akhir April nanti. Izin operasional angkutan sewa sama kir,” tuturnya di Jakarta kemarin (26/3).

Sambil menunggu proses perizinan, lanjut Musa, pihaknya berkomunikasi dengan pengemudi yang bermitra dengan Uber untuk menyiapkan kendaraan. Pihaknya akan melakukan uji kir (uji kendaraan) secara bersama-sama sehingga dapat memudahkan proses uji tersebut.

Menurut Musa, 8 ribu kendaraan sudah didata untuk diuji kir. Pihaknya pun sudah menyiapkan lokasi atau pool untuk uji kir mobil di Kemayoran, Jakarta Utara.

“Sudah kami siapkan. Semua sudah ada. Kami ingin segera kerjakan agar masalah ini tidak berlarut-larut,” tegasnya. Sebab, lanjut dia, Uber juga sangat dibutuhkan masyarakat.(mia/c10/sof)

loading...
Click to comment
To Top