Wabah Lalat ‘Serang’ Pemukiman Warga di Tulungagung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Wabah Lalat ‘Serang’ Pemukiman Warga di Tulungagung

47397-cara-ampuh-mencegah-serangga-atau-lalat-masuk-rumah-100053

FAJAR.CO.ID, TULUNGANGUNG – Warga Kedungsoko, Kecamatan Tulungagung, kembali resah. Sebab, lalat datang lagi ke rumah mereka. Meski tidak separah sebelumnya, warga khawatir serbuan lalat itu bisa berdampak. Apalagi, kandang ayam yang menjadi pemicu lalat masih ada.

Winarto, seorang warga, menuturkan bahwa lalat mulai menyerbu rumah warga dalam dua hari terakhir. Seperti sebelumnya, lalat masuk ke rumah warga sejak pagi hingga malam.

Rumah yang menjadi sasaran lalat masih sama, yakni radius sekitar 300 meter dari kandang ayam. ”Ini kok datang lagi. Padahal, kandang ayamnya sudah kosong,” ujar Winarto kemarin (26/3).

Mengetahui serbuan lalat tersebut, warga memasang obat dan menyemprotkan obat serangga. Cara itu ternyata cukup membantu membunuh lalat. Meski demikian, warga tetap khawatir karena lalat membawa kuman berbahaya. ”Warga khawatir nanti terserang penyakit,” kata bapak dua anak itu.

Bagaimana dengan permintaan warga? Hadi, warga lain, menyatakan bahwa permintaan warga selama ini masih sama. Mereka meminta kandang tidak lagi digunakan untuk memelihara ayam. Warga khawatir lalat kembali masuk rumah saat kandang digunakan untuk ternak ayam.

Hadi menduga, lalat kembali datang karena hujan terus mengguyur dalam dua hari ini. Hujan membuat telur lalat menetas. Lalu, lalat dewasa beterbangan untuk mencari makan.

Salah satunya masuk ke rumah warga. ”Semoga ini tidak lama dan lalat segera pergi,” harapnya.

Berdasar pantauan di lokasi, lalat tidak hanya mengerumuni makanan. Sejumlah tempat juga menjadi lokasi berkumpul binatang tersebut. Bahkan, oli bekas yang tumpah di sebuah bengkel juga dikerumuni. (wen/ris/c7/dwi)

loading...
Click to comment
To Top