Tanri Abeng Gagas Pembangunan Depo Gas di Selayar  – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Budaya & Pariwisata

Tanri Abeng Gagas Pembangunan Depo Gas di Selayar 

selayar
JAKARTA — Gerak cepat pemerintah Kabupaten Selayar untuk mengangkat perekonomian di wilayahnya, tak berhenti pada upaya pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Untuk menunjang industri lainnya, saat ini tengah dimatangkan proyek pembangkit energi.
Ketersediaan energi memang menjadi salah satu masalah serius kabupaten di ujung Sulawesi Selatan ini. Selama bertahun-tahun kebutuhan energi di daerah dengan 132 pulau ini sangat bergantung pada kiriman BBM dari depo Pertamina di Makassar.
Masalahnya, selain pengiriman yang terbatas karena harus menempuh jalur laut, kualitas BBM yang ada juga kerap di bawah standar. Akibatnya mesin PLN yang bertenaga diesel tak bisa maksimal menyuplai kebutuhan listrik masyarakat.
“Jangankan untuk industri, untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat saja belum mampu. Pemadaman bergilir sudah menjadi makanan sehari-hari. Banyak warga kami yang terpaksa mencari BBM ke kabupaten lain,” ujar Bupati Selayar, Basli Ali.
Tak ingin melihat warganya terus tergantung pada suplai BBM yang tak pernah cukup, Basli bergerak cepat. Bupati yang baru satu bulan dilantik ini menjemput bola ke ibu kota. Mendatangi sejumlah pihak yang bisa membantu mengatasi masalah energi di wilayahnya.
Masukan datang saat Basri bertemu sesepuh masyarakat Selayar, Tanri Abeng di Jakarta, akhir pekan lalu. Mantan Menteri Negera Pendayagunaan BUMN pada Kabinet Pembangunan VII  dan Kabinet Reformasi Pembangunan tersebut mengusulkan pembangunan depo bahan bakar gas di Selayar. Kebijakan ini dianggap efektif untuk membantu masyarakat Selayar keluar dari dari krisis energi, sekaligus menarik investor untuk masuk menanamkan modalnya.
“Sudah ada depo BBM. Jika depo gas didirikan, ini sangat membantu. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri di Selayar. Juga bisa menjadi pusat distribusi untuk daerah di provinsi lain karena letaknya yang strategis. Saya siap menjembatani,” janji Tanri Abeng. (fmc)
loading...
Click to comment
To Top