Arief Yahya: Terima Kasih DiCaprio  – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Budaya & Pariwisata

Arief Yahya: Terima Kasih DiCaprio 

ACEH – Menteri Pariwisata Arief Yahya merasa tersanjung dengan kedatangan bintang Hollywood, Leonardo DiCaprio di Aceh, Minggu, 27 Maret. Juga Adrien Brody dan Fisher Stevens. Ketiga aktor papan atas itu berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuser Aceh.

“Wonderful Indonesia ikut terekspose, ikut terangkat, ikut terdongkrak oleh Leonardo DiCaprio. Terima kasih DiCaprio,” ungkap Menpar Arief Yahya di Jakarta.

Popularitas Indonesia akan semakin moncer di level dunia. Sama halnya ketika bintang film Julia Robert shooting di Bali untuk film Eat, Pray, Love. Sama juga dengan Lady Diana dan Mick Jagger di Pulau Moyo, Sumbawa, NTB. Atau David Beckham di Borobudur. Aceh jadi terekspos lebih banyak media global oleh DiCaprio yang membintangi film legendaris Titanic itu.

Kedatangan DiCaprio ke Indonesia langsung menjadi sorotan media internasional. Semua menceritakan dukungan sang aktor terhadap kegiatan konservasi flora dan fauna yang ada Taman Nasional Gunung Leuser.

“Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser memang kedatangan tamu istimewa.  Mereka ingin menyaksikan secara langsung konservasi flora dan fauna di Leuser,” terang Kepala Balai Besar TNGL, Andi Basrul, Selasa (29/3).

Inilah sebuah promosi pariwisata berdampak luar biasa. Bisa dibayangkan betapa besarnya gema Taman Nasional Gunung Leuser setelah DiCaprio cs pulang ke negaranya? Pariwisata Selandia Baru pun ikut mendapat durian runtuh saat film Lord of The Rings dibuat di negeri itu.

“Taman Nasional Gunung Leuser mendapat promosi yang luar biasa. Banyak hal menarik di sana yang terekspos media lantaran  kedatangan  figur ternama dunia,” tutur Asnawi Bahar, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Selasa (29/3).

Lantaran mereka, dunia jadi tahu gambaran serunya petualangan di sebuah bukit bernama Bukit Lawang. Di bukit ini lah DiCaprio cs berinteraksi secara langsung dengan orangutan. Jelajah hutan yang luas dan variatif pun bisa tergambarkan di beragam media. Pesona Leuser dari mulai hutan bakau, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan lumut, sampai hutan subalpine, semua bisa dinikmati.

Taman nasional ini pun ikut memanjakan para tamu dengan aneka flora dan fauna. Setidaknya ada sekitar 130 spesies terdiri dari harimau sumatera, gajah, badak, siamang, kera, macan tutul, reptil, ikan, dan juga 325 spesies burung, bisa dijumpai di sana.

Kalau masih ingin menjelajah lagi, masih ada suguhan aneka tumbuhan tropis seperti mangga, rambutan, durian, alpukat, jeruk, pepaya, dan jambu biji yang bisa dinikmati di tempat.

“Bentuk promosi apa lagi yang lebih hebat daripada itu? Tak ada APBN yang keluar, tapi aktor-aktor tenar Hollywood mau menjelajah di Taman Nasional Gunung Leuser,” timpal Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Didien Djunaedy.

Bagi Didien, ini merupakan hal bagus untuk mempromosikan Aceh. Promosi gratis, endorsernya bintang film internasional. Sangat kontras bila dibandingkan Malaysia yang harus merogoh kocek yang sangat dalam agar Petronas bisa menjadi latar belakang film Entrapment yang dibintangi Catherine Zeta-Jone dan Sean Connery. (fajar.co.id)

To Top