Bali Tuan Rumah Dragon Boat Race & Festival 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Budaya & Pariwisata

Bali Tuan Rumah Dragon Boat Race & Festival 2016

idbf

JAKARTA — Bali kembali mendapatkan kehormatan di dunia Pariwisata. Untuk pertama kalinya, Pulau Dewata itu akan melaksanakan event International Dragon Boat Race & Festival di  Danau Batur pada 26-29 Mei.

”Sebuah kebanggaan karena baru pertama kali event ini digelar. Acara ini di bawah naungan PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) dan IDBF (International Dragon Boat Federation),” ujar Kepala Dinas Pariwisata AA Gede Yuniartha, Selasa (29/3).

Kata pria yang biasa disapa Agung itu, pemenang pada masing-masing kategori akan diberikan hadiah berupa uang tunai, trofi, sertifikat serta medali. Semua peraturan kompetisi akan mengacu pada kedua organisasi tersebut. ”Untuk nominal hadiah sedang digodok pihak panitia. Kami akan segera menggelar pertemuan dengan pihak-pihak terkait,” ujarnya.

Namun ada hal yang terpenting didapat dari perhelatan tersebut bagi pariwisata di Bali. Yakni penyebaran wisatawan mancanegara (wisman) secara keseluruhan. Seperti diketahui, Bali di daerah Selatan lebih padat dari Utara, Timur,dan Barat. Kata Agung, data bulan Februari 2016 saja, wisman masuk 760 ribu ke Bali. ”60 persen semua berada di Bali Selatan, sisanya yang 40 persen menyebar di utara, timur dan barat,” ujar Agung.
Maka dari itu, pihaknya sangat berterimakasih kepada panitia Dragon Boat Race & Festival. Dengan rencana perhelatan tersebut, maka akan banyak wisman yang berkunjung ke Bali Utara. ”Maka dari itu kami dengan pemerintah sudah mengantisipasi wisatawan yang ke Utara, dengan memperbaiki jalan akses menuju Danau Batur,” ujar prianya.

Kata Agung, jalanan menuju Danau Batur dari Denpasar memakan waktu selama tiga jam dan jarak tempuh sepanjang 80 KM. Nah, imbuhnya, saat ini sedang ada proyek pengerjaan jalanan yang tadinya berkelok-kelok dijadikan jalanan lurus agar lebih cepat dilalui.

”Nantinya ke Danau Batur bisa 1,5 jam, ada 10 titik jalanan yang berbelok seperti di puncak Bogor track-nya, kini kami tarik lurus. Saat ini sudah pengerjaan empat titik, tahun depan empat titik, akan dilaksanakan bertahap. Jarak tempuh nantinya menjadi setengahnya, sekitar 40 KM,” ujar Agung.

Jarak tempuh ke tempat wisata memang harus dipikirkan matang-matang. Pasalnya, jika wisman mengalami perjalanan lebih dari tiga jam, maka suasana hati langsung berubah. “Pasti wisman akan bosan,” katanya.

Untuk akomodasi, panitia dan peserta sudah tidak perlu khawatir. Ratusan hotel sudah siap menyambut para tamu  yang ingin menyaksikan even skala international yang baru pertama kali akan dilaksanakan di Bali itu. ”Bali Utara adalah lokasi paling siap setelah Bali Selatan,” kata Agung.
Sekadar informasi, Danau Batur merupakan tempat rekreasi umum yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti jogging track, waterski, kano, kayaking, perahu dayung dan masih banyak lagi kegiatan outdoor yang bisa dilakukan.
Bali hanya memiliki empat buah danau, namun daya tarik dari masing-masing danau ini bisa dibilang sangat baik. Empat buah danau ini yakni Danau Buyan, Danau Tamblingan, Danau Beratan, dan yang terakhir adalah Danau Batur. Batur ini sendiri berasal dari nama gunung yang ada sampingnya. Danau Batur terletak tepat di lereng Gunung Batur.

Danau Batur ini sendiri merupakan danau terluas yang ada di Bali. Letak danau ini terdapat pada ketinggian 1.050 di atas permukaan air laut. Air danau ini sangat alami karena berasal dari air hujan dan rembesan air dari hutan yang ada di pegunungan. Luas permukaan danau ini sekitar 16 Kilometer persegi dengan kedalaman bervariasi. Rata-rata memiliki kedalaman 50,8 meter.

Pemanfaatan Danau Batur ini tidak sama dengan Danau Tamblingan, namun sama dengan Danau Beratan. Danau Tamblingan dibatasi dalam hal pemanfaatan sebagai objek wisata dan lebih mengarah ke pemanfaatan alam. Namun pada Danau Beratan, pemanfaatannya lebih mengarah pada objek wisata, sama halnya dengan Danau Batur. Itu sebabnya di Danau Batur kita dapat mengelilinginya menggunakan kapal kecil.

Menpar Arief Yahya menilai Bali tetap menjadi ikon pariwisata Indonesia. Masih 40 persen wisman yang masuk via Bali. “Karena itu Bali harus tetap dipromosikan dengan baik, terutama Bebas Visa Kunjungan 169 negara terbaru, yang di dalamnya termasuk Australia, pasar nomor satu wisman ke Bali,” ujar Arief Yahya. (fajar.co.id)

loading...
Click to comment
To Top