Bu Risma Momok bagi Dominasi Ahok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Bu Risma Momok bagi Dominasi Ahok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – ‎Survei terkini tentang calon gubernur DKI Jakarta masih menempatkan Basuki T Purnama memiliki tingkat keterpilihan atau elektabilitas tertinggi dibanding nama-nama lain. Namun, gubernur DKI Jakarta yang lebih beken disapa dengan nama Ahok itu sebaiknya tidak merasa di atas angin.

Menurut Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya, ada nama Tri Rismaharini yang selalu muncul dalam setiap survei tentang bakal calon gubernur DKI. Meski wali kota Surabaya itu belum memutuskan sikap soal pilkada DKI, namun nama kepala daerah yang juga kader PDIP itu selalu muncul.

Risma bahkan diprediksi bisa menjadi momok bagi dominasi Ahok di bursa cagub DKI.  “Jika diuji elektabilitas head to head, Tri Rismaharini berpotensi menjadi kuda hitam,” kata Yunarto di kantor Charta Politika Indonesia, Jakarta, Rabu (30/3).

Totok -sapaan Yunarto- lantas menuturkan hasil survei terhadap 400 responden yang tersebar di lima wilayah kota administrasi di DKI Jakarta dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Hasilnya, elektabilitas Risma mencapai 19,3 persen.

Apalagi, tambahnya, PDI Perjuangan sebagai partai pendukung Risma memiliki basis massa yang sangat besar di DKI Jakarta. Bahkan Totok menilai Ahok akan kewalahan jika menghadapi Risma dan PDIP pada pertarungan pilkada mendatang. “Basis terbesar PDI-Perjuangan itu di Jakarta,” ulasnya.

Namun demikian, Ahok berdasarkan survei masih memiliki elektabilitas tinggi. Berdasarkan survei Charta Politika pada 15-20 Maret 2016, elektabilitas Ahok mencapai 60 persen, sedangkan Risma 19,3 persen.(mg4/jpnn)

To Top