Cara yang Benar Memilih dan Menyimpan Tahu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Cara yang Benar Memilih dan Menyimpan Tahu

tofu

Tahu dan tempe merupakan salahsatu makanan yang mungkin seluruh orang Indonesia pernah mencicipnya. Tahu adalah makanan dari kacang kedelai ini memiliki tekstur yang lembut dan dapat dengan mudah dijodohkan bahan makanan lainnya. Memilih dan menyimpan tahu pun penting untuk hasil masakan yang sempurna.

 

Cara memilih tahu yang baik sangatlah penting. Mengingat tahu akan menjadi asam jika lama tidak digunakan.

Mencium Aromanya. Dengan cara mencium aroma tahu yang khas dan segar dapat dipastikan tahu masih baik untuk dikonsumsi. Jangan dibeli jika aroma tahu sudah mulai beraroma asam. Untuk tahu goreng berbentuk segi tiga pastikan aromanya juga masih segar dan tidak tengik.

Tidak Berlendir. Jangan ragu saat di pasar untuk memastikan tahu yang anda beli masih baik dan segar dengan cara memegangnya. Tahu yang sudah licin dan berlendir sebaiknya dihindari.

Sesuaikan Tekstur. Pastikan untuk menekan tahu yang akan dibeli. Sesuaikan dengan tekstur dari jenis tahu yang akan digunakan. Tekstur tahu lembut atau kenyal harus sesuai dengan ciri tahu yang ada.

Perhatikan Warna. Warna tahu yang dipasarkan ada dua macam. Tahu putih dan tahu kuning. Tahu putih memiliki rasa tawar sedangkan tahu kuning biasanya sudah digarami dan memiliki rasa gurih. Warna tahu putih yang baik terlihat segar tanpa bercak kecokelatan, sedangkan tahu kuning memiliki warna kuning yang cerah. Warna kuning pada tahu biasanya menggunakan kunyit.

Setelah mengetahui cara memilih tahu yang baik proses menyimpannya juga sangat penting untuk mempertahankan kualitas tahu lebih lama. Penyimpanan tahu bisa dilakukan dengan dua cara. Cara pertama dengan merendamnya dalam air hingga benar-benar terendam seluruh bagian tahu. Dengan cara ini dapat menghindari tumbuhnya jamur atau tahu menjadi kering. Simpan dalam kulkas dan dapat bertahan dua hari saja.

Untuk penyimpanan lebih lama sebaiknya tahu direbus atau dikukus. Selanjutnya tahu dapat disimpan dalam wadah tertutup dan simpan dalam lemari pendingin. Atau dapat juga setelah dikukus atau direbus tahu direndam dan disimpan, namun ingat air rendaman harus diganti setiap hari. Tahu dengan penyimpanan seperti ini dapat bertahan lima sampai tujuh hari. [ats]

loading...
Click to comment
To Top