NGERI! Begini Detik-detik Meledaknya Granat di Kampus UHO Kendari – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

NGERI! Begini Detik-detik Meledaknya Granat di Kampus UHO Kendari

BOM UHO
Polisi melakukan olah TKP ledakan granat di Gedung Workshop Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari pasca ledakan granat saat pelatihan Pendidikan Dasar Gada Pratama Satuan Pengamanan (Satpam) yang digelar UHO kerja sama Polda Sultra, kemarin (29/3)

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Insiden meledaknya granat saat pendidikan dasar (diksar) Gada Pratama Satuan Pengamanan (satpam) di gedung workshop UHO, Selasa (29/3) siang, menyita perhatian. Bagaimana tidak, diksar yang digelar Universitas Halu Oleo (UHO) dengan Polda Sulawesi Tenggara itu memakan korban.

Dari salah seorang peserta pelatihan bernama La Bio mengungkapkan, pada saat materi berlangsung, Brigadir Muhammad Haidir (personel Detasemen Gegana Satbrimobda Polda Sultra) memperlihatkan handak jenis granat. 

Ketika itu, salah seorang peserta dipanggil untuk memegang granat tersebut. “Entah karena takut atau bagaimana, tiba-tiba granat itu terjatuh dari tangan peserta,” ungkap La Bio, Rabu (30/3).

Granat itu, kata dia, menggelinding di lantai. Spontan Muhammad Haidir berusaha mengambil granat itu. Saat granat berhasil diraih, dia langsung melekatkannya di badannya. Ledakan pun terjadi.

“Mungkin saat terjatuh, pelatuknya tercabut dan polisi itu berusaha menyelamatkan semua peserta dengan mengorbankan dirinya,” ungkapnya.

Saat itu pula, peserta yang lain berusaha menyelamatkan diri dan berhamburan keluar dari gedung. Dua orang yang berada di dekat Brigadir Haidir tak bisa lagi menghindar. Salah seorang korban meninggal bernama Kaharuddin masih sempat lari ke luar gedung. 

Namun percikan bom pada tubuh korban membuat Kaharuddin terjatuh di luar gedung. Korban masih sempat dilarikan ke rumah sakit, namun napas terakhirnya berhembus sebelum mendapatkan pertolongan medis. “Ledakannya keras sekali,” ujar La Bio. (p2/egy/KP)

loading...
Click to comment
To Top