Usut dan Tangkap Pelaku Pembakaran Ponpes Alkhairaat! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Usut dan Tangkap Pelaku Pembakaran Ponpes Alkhairaat!

Ilustrasi Kebakaran

FAJAR.CO.ID, TOBELO – Terkait insiden pembakaran Pondok Pesantren (Ponpes) Alkhairaat di Desa Gosoma, Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara membuat pengurus Yayasan Alkhairaat angkat suara.

Sekretaris Yayasan Alkhairaat Halut Ihwan Buaza menyatakan keprihatinan dan menyayangkan terjadinya peristiwa tersebut. “Harusnya peristiwa ini tidak perlu terjadi jika kita mampu menahan diri,” ujarnya sebagaimana dilansir Malut Post (Grup Fajar).

Ihwan mengaku, pihaknya sudah mendatangi Polres Halut dan meminta orang-orang yang terkait dengan peristiwa harus ditangkap. “Kami juga menegaskan sekolah yang terbakar belum bisa dibangun oleh pihak manapun, sebelum pelaku pembakaran ditangkap,” tegasnya.

Mereka juga meminta TNI membangun pos di lokasi sekolah, dan menolak mediasi yang dilakukan pemkab maupun FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Halut. “Sekolah ini dibangun secara swadaya, namun kini sudah terbakar habis,” tuturnya dengan nada sedih.

Sementara di Ternate, Pengurus Komisariat Wilayah Alkhairaat Maluku Utara mengeluarkan pernyataan resmi terkait dengan insiden pembakaran Ponpes Alkhairaat di Tobelo.

Sekretaris Komisaris Wilayah Al-Khairaat Malut Hasbi Yusuf mendesak polisi segera menangkap pelaku pembakaran. “Siapapun yang terlibat harus dihukum seberat-beratnya. Harus ada efek jera bagi pihak-pihak yang sengaja mengumbar kebencian,” tandas Hasbi.

Hasbi mengatakan, pengurus Al-Khairaat meminta kepada pihak kepolisian agar hukum ditegakkan dengan menempatkan nilai-nilai keadaban dan pilar kemanusiaan dalam pengusutan kasus ini.

“Ajaran kebencian itu kontra dengan peradaban sekaligus kemanusiaan. Kami minta polisi harus usut tuntas itu, karena pembakaran ini investasi dari rasa kebencian yang ada,” ujar Hasbi.

Kabag Ops Polres Halut Kompol Dede Pattiasina, menegaskan polisi sedang mengusut siapa yang terlibat dalam pembakaran Ponpes Alkhairaat Tobelo. “Beberapa saksi sudah diperiksa,” akunya.

Dandim 1508 Tobelo Letkol Inf Herwin Budi, meminta warga tidak terprovokasi dengan kejadian ini. “Halut kondusif, polisi sudah mengusut pelaku pembakaran,” tuturnya.

Dia menambahkan aparat TNI membantu pengamanan bersama polisi di perbatasan. Keadaan Kota Tobelo kini berangsur-angsur pulih.

Diketahui pada Senin (28/3) dinihari Ponpes Alkhairaat di Desa Gosoma dibakar sejumlah orang. Diduga aksi ini sebagai buntut bentrokan antar warga yang terjadi pada Minggu (27/3) sebelumnya. (JPG)

loading...
Click to comment
To Top