Ditengarai Derita Skizofrenia, Bertahun-tahun 100 Warga Hidup Dipasung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Ditengarai Derita Skizofrenia, Bertahun-tahun 100 Warga Hidup Dipasung

FAJAR.CO.ID, LIMAPULUHKOTA – Sebanyak 100-an warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) hidup terpasung dan dirantai selama bertahun-tahun. Perlakuan itu diterima warga tersebut, karena mereka ditengarai menderita skizofrenia (gangguan mental).

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi meminta, persoalan warga yang hidup dipasung, menjadi perhatian serius Dinas Sosial, Transmigrasi dan Tenaga Kerja.

”Alangkah menyedihkannya hari ini, masih saja ada warga Limapuluh Kota yang hidup terpasung. Apakah Dinas Sosial tahu dan memiliki catatan berapa jumlah warga Limapuluh Kota saat ini yang dipasung. Saya tahu bahwa jumlahnya lebih dari 100 orang. Apa yang sudah dilakukan Dinas Sosial terhadap mereka yang malang tersebut?” ujar Bupati Irfendi saat membuka Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Limapuluh kota yang dilansir dari Padang Ekspres (Fajar Group), Kamis (31/3).

Selain penderita skizofrenia, Irfendi juga menyoroti masalah para jompo. Dia tidak ingin para jompo dibiarkan hidup miskin dan lapar.

Termasuk masalah anak berprestasi yang putus sekolah hanya karena orang tuanya miskin. ”Banyak, persoalan-persoalan sosial yang mesti kita kerjakan bersama. Dan itu, membutuhkan semangat kerja, kerja, kerja,” ujar mantan anggota DPRD Padang itu.

Pada 2017 mendatang, kata Irfendi, pihaknya sudah menyiapkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2017. Semua rencana itu akan disinkronkan dengan aspirasi masyarakat, dalam Musrenbang Nagari dan Musrenbang Kecamatan.

”Program prioritas yang sudah diusulkan masyarakat, mesti diakomodir. Disinkronkan dengan Rencana Kerja SKPD atau pokok pikiran DPRD,” kata bupati pilihan rakyat ini.

Irfendi meminta, dalam penyusunan RKPD Tahun 2017, setiap SKPD saling bersinergi. Tidak jalan sendiri. (frv/iil/JPG)

loading...
Click to comment
To Top