Mangkir, Sekretaris MA Batal Diperiksa KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Mangkir, Sekretaris MA Batal Diperiksa KPK

kpk

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi yang dijadwalkan menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam perkara, dugaan suap terkait penundaan pemberian salinan putusan kasasi, mangkir dari panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Dia (Nurhadi, Red) tidak datang hari ini,” kata Juru Bicara KPK Yuyuk Andriati saat dikonfirmasi, Kamis (31/3).

Yuyuk mengatakan, Nurhadi mengutus stafnya untuk mengantarkan surat keterangan absen dari pemeriksaan pagi ini. “Stafnya datang bawa surat. Minta dijadwal ulang,” ujar Yuyuk.

Namun Yuyuk tidak menyebutkan alasan Nurhadi absen menjalani pemeriksaan. Nurhadi dijadwalkan menjadi saksi untuk tersangka Kasubdit Pranata Perdata Khusus MA nonaktif Andri Tristianto Sutrisna.

Dalam perkara tersebut, Andri diduga menerima uang ratusan juta rupiah dari Direktur PT Citra Gading Asritama (CGA), lchsan Suaidi.

Suap diberikan dengan maksud agar Andri menunda pengiriman putusan kasasi atas perkara yang menjerat lchsan. Suap diberikan melalui kuasa hukum lchsan, Awang Lazuardi Embat.

Ichsan diketahui merupakan terpidana kasus pembangunan dermaga labuhan haji di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat tahun 2007-2008. Namun hingga saat ini lchsan belum dieksekusi.

Kasus dugaan suap ini kemudian terungkap dari Operasi Tangkap Tangan yang dilakukan KPK pada 12 Februari 2016. Usai menjalani pemeriksaan secara intensif di KPK, ketiganya resmi ditetapkan sebagai tersangka. (put/jpg)

loading...
Click to comment
To Top