BI Waspadai Inflasi Jelang Ramadan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

BI Waspadai Inflasi Jelang Ramadan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) akan mewaspadai pergerakan inflasi menjelang puasa dan Lebaran 2016. Meski, angka inflasi pada Maret tahun ini berada di level 0,19 persen atau masih di bawah perkiraan BI.

Menurut Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara, meski pergerakan inflasi masih berada di bawah prediksi BI namun tetap harus diwaspadai. Apalagi, jika dibanding bulan lalu, inflasi Maret 2016 sedikit mengalami kenaikan.

“Hasil dari ini kalau survei BI angka month on month sedikit di atas angka realisasi. Maka dari itu kita perlu waspadai angka month and month ini,” jelasnya di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta (Jumat, 1/4).

Mirza menjelaskan, kenaikan inflasi kali ini lebih disebabkan masalah produksi dan distribusi makanan olahan atau volatile food, seperti cabai dan bawang. Selain akan memasuki puasa dan Lebaran, pada Juni mendatang juga diperkirakan akan memasuki musim panen. Karenanya, wajar jika pergerakan inflasi perlu diwaspadai.

“Jadi memang ke depan apalagi kita mau masuki bulan puasa. Bulan Juni nanti panen kita, sudah lewat masa panen padi itu juga perlu kita waspadai inflasi bahan pangan,” bebernya.

Diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Maret 2016 sebesar 0,19 persen, sementara inflasi tahunan (year on year) sebesar 4,45 persen, dan untuk inflasi tahun kalender (year to date) 0,62 persen.

Sementara, inflasi komponen inti month to month sebesar 0,21 persen dan inflasi komponen inti secara year on year sebesar 3,5 persen. BPS memastikan angka inflasi cukup terkendali. Dari 82 kota yang menjadi Indeks Harga Konsumen (IHK) hanya satu kota yang inflasinya mencapai satu persen. (wah/rmol)

Click to comment
To Top