Pangkas Isolasi, Pelabuhan di Maluku dan Papua Barat Siap Diresmikan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Pangkas Isolasi, Pelabuhan di Maluku dan Papua Barat Siap Diresmikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyelesaikan pembangunan enam pelabuhan yang tersebar di Provinsi Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat. Keenam pelabuhan ini telah siap beroperasi dan rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, pada 5 dan 6 April.

“Seluruh pembangunan pelabuhan itu dibangun melalui sumber dana APBN Kementerian Perhubungan sampai dengan Tahun Anggaran 2015,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, JA Barata dalam siaran persnya, Minggu (3/4).

Ada pun pelabuhan yang selesai dibangun di provinsi Maluku yakni Pelabuhan Tutu Kembong, Pelabuhan Wonreli, dan Pelabuhan Pulau Teor. Sementara pelabuhan di Provinsi Maluku Utara yang juga sudah rampung dibangun yaitu Pelabuhan Tobelo dan Pelabuhan Galela.

Sedangkan di Provinsi Papua Barat, kementerian yang saat ini dipimpin Ignasius Jonan itu telah selesai membangun Pelabuhan Wasior.

“Pembangunan pelabuhan di Provinsi Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat merupakan wujud komitmen pemerintah untuk membangun infrastruktur transportasi untuk meningkatkan konektivitas di wilayah perbatasan, terluar dan wilayah bencana,” ujar Barata.

“Ini sejalan dengan fokus kerja pak menhub untuk terus meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana jasa transportasi serta meningkatkan kualitas pelayanan jasa transportasi kepada masyarakat,” imbuhnya. (chi/jpnn)

Click to comment
To Top