Posisi Start Rio di Bahrain Naik Satu Strip – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Posisi Start Rio di Bahrain Naik Satu Strip

194549_639565_rio_mobil_samping_raka

FAJAR.CO.ID, SAKHIR – Rio Haryanto sedikit diuntungkan pada sesi balapan F1 di Bahrain International Circuit, Minggu (3/4). Pada seri kedua Grand Prix tersebut, pembalap tim Manor Mercedes itu akan memulai balapan dari posisi ke-20.

Posisi itu naik satu strip dari hasil catatan waktu Rio pada saat sesi kualifikasi. Saat kualifikasi, Rio ada di posisi start ke-21 dengan catatan waktu 1 menit 34,190 detik.

Naiknya posisi start itu disebabkan oleh penalti yang didapatkan oleh ‎pembalap tim Renault, Kevin Magnussen. Meski pada sesi kualifikasi Magnussen ada di posisi start ke-19 dengan 1 menit 33,181 detik, dia tetap harus memulai balapan dari pit lane.

Penyebabnya, pada sesi latihan dia melanggar aturan. Saat lampu merah menyala di pit, dia tak berhenti. Padahal, lampu merah yang menyala di ujung sesi kedua tersebut adalah sinyal untuk Magnusen berhenti dan melakukan pengecekan berat mobil.

Sebelum insiden itu terjadi, Magnussen berada di belakang pebalap Red Bull, Daniil Kvyat, di pit lane. Kebingungan kemudian terjadi karena kedua pembalap saling bertanya-tanya siapa yang harusnya berhenti lebih dulu untuk ditimbang berat mobilnya.

Karena Kvyat berhenti, Magnussen pun terus melaju. Kendati terjadi miskomunikasi, steward tetap menilai Magnussen bersalah. Mereka kemudian memberikan hukuman start dari pit kepada Magnussen.

“Sang pebalap tidak berhenti untuk melakukan pengecekan berat selama P2, padahal ia sudah diberi tanda dengan lampu merah. Mobilnya tidak kembali ke garasi FIA,” bunyi alasan FIA di situs resmi F1.‎ (dkk/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top