Gatot: TNI Tidak Komunikasi dengan Pembajak! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Gatot: TNI Tidak Komunikasi dengan Pembajak!

Prajurit TNI Pasukan Katak

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo memastikan TNI belum akan mengirimkan tentara untuk membebaskan  Warga Negara Indonesia (WNA) yang disandera  kelompok separatis Abu Sayyaf di Filipina.

Filipina  sudah berjanji akan berusaha dengan berbagai cara untuk membebaskan para sandera yang saat ini masih ditahan. Indonesia menurutnya harus yakin terkait dengan niat baik dan janji itu.

TNI siap menawarkan bantuan apapun yang dibutuhkan oleh Filipina terkait dengan pembebasan para sandera tersebut. Tetapi semuanya tergantung keputusan yang diambil oleh Filipina.

“Niat baik dari Filipina ini kita harus yakini dan bisa membebaskan para sandera ini,” katanya dilansir Radar Lombok (Fajar Group) Sabtu (2/4).

Pihaknya tambah Gatot saat ini masih menunggu. Karena sama saja jika pembajakan terjadi di Indonesia, maka negara lain tentu tidak bisa asal masuk dan terlibat dalam pembebasan sandera.

Sampai saat ini, TNI tidak pernah  melakukan komunikasi dengan Abu Sayyaf. Sejauh ini, TNI memonitor dan mempersiapkan segala sesuatu apabila dibutuhkan. “Jadi TNI itu tidak berkomunikasi dengan pembajak. Tugas kami memonitor dan mempersipakan segala sesuatu yang diperlukan,”  katanya.

Gatot mengatakan berdasarkan informasi yang diperoleh dari intelejen Filipina dan diperkuat informasi dari Menteri Luar Negeri (Menlu) para sandera ini dalam keadaan selamat dan sehat.

“Itu informasi yang kita dapatkan setelah berkomunikasi dengan pihak intelejen Filipina. Ibu Menteri (Menlu,red) juga sudah ke Filipina dan bertemu dengan Presiden Filipina. Sandera masih dalam keadaan sehat dan masih berada di negara Filipina,” ujarnya.

Tidak lupa Nurmantyo juga berpesan kepada pihak keluarga sandera di tanah air  untuk bersabar dan  selalu berdo’a. Dia meminta persoalan ini  serahkan semuanya kepada pemerintah untuk menyelesaikannya. (gal/yuz/JPG)

loading...
Click to comment
To Top